Tim Gabungan Polres Trenggalek dan PLN Gelar Pengamanan Aset dan Instalasi Ketenagalistrikan

oleh -60 views

Polres Trenggalek – Satgas gabungan Kepolisian Resor Trenggalek bersama tim ROW PLN (Right of Way) menggelar pengamanan aset dan instalasi ketenaga listrikan serta penertiban layang-layang dan balon udara di wilayah Kabupaten Trenggalek. Rabu, (31/8)

Penertiban ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara pihak Polres Trenggalek dan pimpinan PLN area Madiun di Mapolres Trenggalek beberapa hari yang lalu membahas tentang rencana aksi dan sosialisasi kegiatan masyarakat yang dapat sangat membahayakan jaringan listrik.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengatakan aktivitas masyarakat seperti menerbangkan layang-layang maupun balon udara yang berdekatan dengan jaringan listrik tidak hanya berbahaya bagi masyarakat sendiri tetapi juga merugikan masyarakat lainnya.

“Jika listrik terganggu atau padam akibat layang-layang atau balon udara maka aktivitas masyarakat terutama aspek ekonomi yang bergantung pada listrik akan menjadi terganggu dan proses perbaikan instalisi tentunya juga memakan waktu.” Ujar AKBP Alit.

Sementara itu, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto menuturkan, dalam penertiban ini Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya 5 personel dari Satsamapta dan 12 personel dari PLN. Sedangkan sasaran adalah jalur instalasi ketenagalistrikan dan tempat-tempat rawan gangguan listrik lainnya di Kabupaten Trenggalek diantaranya kecamatan Trenggalek, Tugu dan Gandusari.

“Kegaiatan hari ini dilakukan mulai pukul 15.00 sampai 18.00 Wib dengan pertimbangan kegiatan masyarakat seperti menerbangkan layang-layang banyak dilakukan sore hari.” Ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut , sedikitnya ada 12 orang yang terpaksa diberikan tindakan berupa teguran karena menerbangkan layang-layang pada area yang cukup berdekatan dengan jalur kelistrikan.

“Tindakan kita lebih mengedepankan langkah preventif. Kita tegur dan imbau agar tidak menerbangkan layang-layang pada lokasi yang dekat dengan instalasi listrik. Bukan apa-apa, selain bahaya tersengat listrik juga berisiko terhadap instalasi listrik itu sendiri. Jadi ini untuk kepentingan kita bersama. Pungkasnya.

Artikel Tim Gabungan Polres Trenggalek dan PLN Gelar Pengamanan Aset dan Instalasi Ketenagalistrikan pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.