Polres Trenggalek Kawal dan Amankan Aksi Damai Mahasiswa Tolak Kenaikan Harga BBM

oleh -150 views

Polres Trenggalek – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Trenggalek menggelar aksi damai penolakan kenaikan harga BBM. Aksi ini yang diikuti puluhan mahasiswa tersebut dikawal ketat oleh petugas Kepolisian. Selasa, (13/9).

Berangkat dari titik kumpul di Trenggalek Agropark, peserta aksi berjalan kaki menuju Gedung DPRD Kabupaten Trenggalek. sejumlah mahasiswa juga terlihat membawa spanduk dan poster yang berisi penolakan kenaikan harga BBM.

Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengatakan, Polri memberikan pelayanan berupa pengamanan selama kegiatan berlangsung. Pihaknya memastikan terjaminnya keamanan para peserta aksi dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

“Kami sampaikan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa yang telah menyampaikan aspirasinya dengan aman, tertib dan kondusif.” Ujar AKBP Alith.

AKBP Alith menambahkan, dalam proses pengamanan tersebut pihaknya menggunakan pendekatan humanis serta mengedepankan pola preemtif dan preventif. Bahkan pihaknya turut menjembatani komunikasi dengan anggota DPRD Kabupaten Trenggalek.

Menurutnya, penyampaian aspirasi oleh elemen masyarakat wajib dilindungi sesuai amanat undang-undang, namun secara keseluruhan harus berjalan dengan tertib dan tidak bertindak anarkis maupun merugikan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto menerangkan, dalam pengamanan aksi damai ini, Polres Trenggalek mengerahkan puluhan personel yang terbagi dalam tim-tim kecil. Mulai dari petugas Dalmas hingga pengawalan aksi dan pengamanan rute.

Seperti pengamanan aksi serupa sebelumnya, Polres Trenggalek juga menerjunkan tim negosiator yang beranggotakan Polisi Wanita (Polwan). Para Polwan ini selain bertugas pengamanan juga turun tangan membagikan air minum kemasan kepada para peserta aksi.

“Alhamdulillah, seluruh rangkaian aksi berjalan aman, tertib dan lancar.” Pungkasnya.

Artikel Polres Trenggalek Kawal dan Amankan Aksi Damai Mahasiswa Tolak Kenaikan Harga BBM pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.