Safari Jumat, Sarana Serap Aspirasi dan Harapan Masyarakat Trenggalek

oleh -15 views

Polres Trenggalek – Upaya Polres Trenggalek mendekatkan diri dengan masyarakat terus digalakkan. Salah satunya melalui program unggulan safari Jumat yang dilakukan oleh seluruh Polsek jajaran.

Diberbagai kesempatan Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengatakan bahwa kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif tidak bisa bekerja sendiri. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan peran serta dari seluruh komponen masyarakat.

“Peran serta masyarakat ini sangat penting agar dalam prosesnya bisa lebih optimal.” Ujar AKBP Alith.

Nah, untuk mencapai itu semua, antara kepolisian dengan masyarakat harus terjalin sinergitas yang kuat. Polisi wajib hadir ditengah masyarakat. Membangun kedekatan emosional dan memberikan edukasi yang baik khususnya terkait dengan kesadaran hukum dan keamanan.

“Kita sampaikan imbauan Kamtibmas. Tentunya menyesuaikan dengan dinamika terkini.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengungkapkan, Safari Jumat merupakan salah satu kegiatan dimana anggota Polres dan Polsek jajaran mengikuti salat Jumat di masjid-masjid yang tersebar hingga tingkat desa.

“Selasai salat jumat, petugas akan meminta waktu barang sebentar untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.” Ujar Iptu Suswanto.

Lebih lanjut Iptu Suswanto menuturkan, selain itu, dalam kesempatan tersebut petugas bisa berbincang secara langsung dengan masyarakat sembari diskusi tentang segala hal terutama terkait dengan Kamtibmas.

“Jadi, bisa sekaligus sebagai media diskusi dan menyerap aspirasi maupun harapan masyarakat terhadap kepolisian. Ini sangat penting sebagai masukan agar Polri semakin dekat dengan masyarakat serta untuk bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan. Muaranya adalah Kamtibmas yang kondusif.” Pungkasnya.

Artikel Safari Jumat, Sarana Serap Aspirasi dan Harapan Masyarakat Trenggalek pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.