Polres Trenggalek Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Tahanan

oleh -34 views

Polres Trenggalek – Sidokkes Polres Trenggalek melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sejumlah tahanan di Rutan Mapolres. Satu persatu tahanan diperiksa oleh tenaga medis yang merupakan personel dari Klinik Pratama Bhayangkara Trenggalek. Sabtu, (01/10).

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., mengatakan Polres Trenggalek memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) baku dalam memperlakukan tahanan di Rutan Mapolres. SOP ini berpijak kepada regulasi dan penghargaan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Meskipun berstatus sebagai tahanan bukan berarti perlakuan terhadap mereka berbeda. Semua hak sebagai tahanan diberikan sepenuhnya. Mulai dari ruang tahanan yang relatif bersih berikut Kamar mandi, makan hingga ibadah. Tak terkecuali masalah kesehatan tahanan.

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para tahanan dalam keadaan baik. Pemeriksaan medis yang diberikan meliputi tensi dan pemberian obat ringan sesuai dengan keluhan.

“Pemeriksaan dilakukan sedikitnya seminggu sekali. Kita selalu cek kesehatan mereka. Kecuali yang bersifat insidentil dan memang memerlukan perwatan intensif.” Jelasnya.

Sementara itu, Kasidokkes Aipda Lukman Hadi, A.Md.Kep. mengatakan, dari hasil pemeriksaan kesehatan jika terdapat tahanan yang sakit ringan langsung diberikan obat jalan. Sedangkan yang memiliki riwayat sakit berat akan diberikan rujukan di klinik pratama atau rumah sakit terdekat, tentunya dibawah pengawasan dan penjagaan ketat dari petugas.

“Dari pemeriksaan hari ini, dari 36 orang yang kita cek, ada  empat orang yang sakit ringan dan sudah dilakukan perawatan kesehatan..” Pungkasnya