Sempat Tertutup Longsor, Jalur Sidomulyo Pule Sudah Dibuka. Polisi Terapkan Buka Tutup

oleh -32 views

Polres Trenggalek – Sinergitas anatara tiga pilar kecamatan Pule dengan masyarakat khususnya desa Sidomulyo Kecamatan Pule memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, mengetahui terjadi tanah longsor, tiga pilar yang terdiri dari personel Polsek, Koramil dan Kecamatan bersama masyarakat setempat gerak cepat melakukan pembersihan atau evakuasi.

Tiga pilar bersama warga bergotong royong saling bahu membahu membersihkan material tanah longsor yang terjadi tepatnya masuk dusun Karangrejo Desa Sidomulyo menggunakan peralatan seadanya. Kamis, (6/10).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Pule Iptu Rohmad Hudi S.Pd., yang kebetulan turut hadir dan memimpin proses evakuasi tersebut mengungkapkan, saat itu wilayah desa Sidomulyo, Kecamatan Pule memang diguyur hujan relatif cukup deras.

Kemudian sekira pukul 14.00 wib, tebing setinggi kurang lebih 15 meter diketahui longsor hingga menutup badan jalan. Luas longsoran diperkirakan mencapai 5×6 meter dengan ketebalan tanah longsoran kurang lebih 75 Cm. Akibatnya jalur utama penghubung Kecamatan Pule menuju Desa Sidomulyo tersebut ditutup dan tidak bisa dilalui kendaraan sama sekali.

“Menerima laporan tersebut, kami bersama tiga pilar berikut masyarakat desa Sidomulyo melakukan kerja bakti membersihkan material tanah longsor. Mengingat jalan ini merupakan jalur utama menuju pusat kota Pule maupun Trenggalek.” Ujar Iptu Rohmad.

Meskipun menggunakan alat seadanya, tak mengurangi semangat petugas dan warga setempat untuk membersihkan material tanah longsor tersebut. Alhasil, tak butuh waktu lama, jalan sudah dibuka dan bisa dilalui kembali.

“Kita prioritaskan membuka jalur terlebih dahulu. Untuk semantara kita gunakan sistem buka tutup karena hanya bisa dilalui satu jalur kendaraan. Kita juga tempatkan anggota di lokasi untuk membantu pengaturan. Rencana besok kita lanjutkan lagi pembersihan.” Imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya meminta agar para pengguna jalan yang melintas lokasi tersebut untuk tetap waspada dan berhati-hati. Selain antisipasi longsor susulan juga kondisi aspal yang masih licin.