Antisipasi Banjir Susulan, Tim Gabungan Siaga Bencana Watulimo Evakuasi Warga

oleh -104 views

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian bergerak cepat mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak banjir di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo. Beberapa warga lansia, anak-anak hingga warga yang sedang sakit ini diungsikan ke tempat yang lebih aman. Rabu, (12/10).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K melalui Kapolsek Watulimo AKP Suyono, S.H., M.Hum. mengungkapkan wilayah Watulimo sejak semalam diguyur hujan deras dengan intensitas cukup tinggi.

Kondisi ini tentu sangat mengkawatirkan mengingat beberapa hari yang lalu Desa Tasikmasu di terjang banjir bandang yang membawa serta lumpur maupun sampah berupa ranting dan kayu pohon.

“Iya betul. Kita evakuasi untuk meminimalisir jatuhnya korban. Saat ini masih terus kita sisir di wilayah yang memang rentan banjir. Kita bawa dan amankan ke tempat yang lebih tinggi dan aman.” Ungkanya.

Selain petugas unsur tiga pilar yang terdiri dari personel TNI, Kepolisian dan kecamatan, dalam kegiatan kemanusiaan ini turut dilibatkan BPBD, Tagana serta berbagai organisasi masyarakat, komunitas dan elemen masyarakat lainnya.

Kegiatan penanganan banjir itu sendiri sudah tergelar sejak pagi hingga sore ini tadi. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi potensi banjir susulan yang kemungkinan masih terjadi mengingat hujan deras masih kerap melanda wilayah Watulimo.

Selain evakuasi warga berikut barang-barangnya, tim gabungan siaga bencana kecamatan Watulimo juga membersihkan sampah yang menyumbat aliran air sungai di lingkungan dusun tawang, sungai Wancir dan sungai Lo.

“Agar lebih cepat kita gunakan alat berat ekskavator” Imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Watulimo khususnya desa Tasikmadu yang telah mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga untuk membantu proses penanganan bencana alam banjir ini.