Paska Banjir dan Tanah Longsor di Trenggalek, Polisi Bantu Buka Akses Jalan Hingga Distribusikan Bantuan

oleh -23 views

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek terus bergerak ambil bagian dalam penanganan paska banjir dan tanah longsor yang terjadi disejumlah tempat di wilayah Kabupaten Trenggalek. Kepolisian bersama unsur tiga pilar lainnya menggelar berbagai aksi kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam tersebut.

Hal ini terlihat dari kegiatan yang digelar oleh sejumlah Polsek yang langsung turun kelapangan membantu masyarakat yang terdampak bencana alam.

Dihubungi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. menegaskan, pihaknya telah mengintruksikan kepada jajaran untuk memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki baik tingkat Polres maupun Polsek untuk turun tangan secara langsung membantu para korban bencana alam.

“Kerahkan personel berikut perangkat penunjang yang ada. Bantu masyarakat semaksimal mungkin.” Ujarnya.

Seperti Polsek Suruh misalnya. Dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Bambang Purwanto, S.H., M.H. mendatangi rumah pak Suwarno yang berada di Desa Wonokerto Kecamatan Suruh. Pak Suwarno merupakan salah satu korban tanah longsor yang menimpa rumahnya.

“Iya betul. Jadi hari ini kami bersama anggota mendatangi rumah pak Suwarno untuk membantu evakuasi dan pembersihan material tanah longsor yang menimpa rumahnya.” Ujar AKP Bambang.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyerahkan sejumlah bantuan sebagai bentuk simpati dan membantu mengurangi beban pak Suwarno yang telah mengalami musibah.

Demikian pula yang dilakukan oleh jajaran Polsek Durenan. Diwilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulungagung ini masih menyisahkan beberapa lokasi yang masih tergenang air diantaranya adalah desa Kendalrejo dan desa Ngadisuko.

“Anggota masih dilapangan untuk membantu evakuasi. Kemudian kita juga distribusikan bantuan makanan kepada para korban.” Ucap Kapolsek Durenan Iptu Panut, S.H.

Sementara di Kecamatan Bendungan, petugas kepolisian bersama masyarakat nampak melakukan kerja bakti, bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup jalur jalan raya Trenggalek – Bendungan masuk Ds. Surenlor.

“Saat ini Jalan sudah bisa dilalui, namun tetap kami imbau hati-hati mengingat hujan mungkin masih turun dan jalan menjadi licin karena lumpur.” Ujar Kapolsek bendungan AKP Bambang Dwiyanto, A.Md., S.H.

Sedangkan Polsek Tugu mengerahkan personelnya membantu masyarakat desa Pucanganak membersihkan material tanah longsor yang menutup akses jalan setempat.

“Alhamdulillah semua berjalan denga naman dan lancar.” Kata Kapolsek Tugu, AKP Anwar, S.H.