Sambangi Pangkalan Ojek, Polantas Trenggalek Bagikan Kaos dan Jas Hujan

oleh -124 views

Polres Trenggalek – Edukasi tertib berlalu lintas tidak harus melalui jalur formal seperti pembelajaran dalam kelas. Namun bisa juga menggunakan metode non formal berupa tatap muka dan dialog ringan bersama elemen masyarakat.

Hal inilah yang dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek. Dimotori oleh UnitKamsel bertandang ke salah satu tempat mangkal komunitas ojek pangkalan tepatnya di simpang empat Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek. Selasa, (8/11).

Tim yang beranggotakan Polantas ini berinteraksi dengan sejumlah pengojek yang kebetulan sedang mangkal menunggu penumpang di lokasi tersebut. Dalam bincang ringan tersebut, petugas menyisipkan pesan-pesan Kamtibmas terkait dengan kepatuhan terhadap aturan dan tertib berlalu lintas.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek melalui Kasatlantas AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H., M.Si. menuturkan, profesi ojek baik pangkalan maupun online bersinggungan langsung dengan lalu lintas dimana setiap hari mereka berjibaku dan mencari nafkah di jalan raya yang tentunya memiliki resiko kecelakaan yang relatif tinggi.

“Kita berikan edukasi dan pemahaman tentang prioritas keselamatan saat berkendara sepeda motor seperti patuh rambu-rambu atau traffic light, mengutamakan keselamatan dengan menggunakan helm SNI, tidak berboncengan lebih dari satu dan lain-lain.” Ujar AKP

Sementara itu Kanitkamsel Satlantas Polres Trenggalek Aiptu Ali Wibowo, S.H. mengatakan, agar lebih mengena pihaknya juga memasang banner imbauan dan memberikan kaos Dikmas lantas menarik serta jas hujan kepada sejumlah tukang ojek di lokasi tersebut.

“Alhamdulillah respon dari teman-teman ojek ini sangat baik dan mereka sangat mendukung dengan apa yang sudah kita lakukan. Siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di Trenggalek” Ujarnya.

Pihaknya berharap dengan upaya ini, kesadaran masyarakat khususnya kalangan tukang ojek semakin meningkat dan bisa menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan di Kabupaten Trenggalek.