Wujud Kesiapsiagaan, Kapolres Trenggalek Tinjau Debit Air Sungai dan Pintu Air

oleh -96 views

Polres Trenggalek – Memasuki musim penghujan ini, jajaran Polres Trenggalek terus meningkatkan kewaspadaan antisipasi kemungkinan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Sebagai wujud kesiapsiagaan, Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. bersama sejumlah pejabat utama meninjau debet air sungai di Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, serta sejumlah dam maupun pintu air yang ada di Kabupaten Trenggalek. Sabtu, (19/11).

“Dini hari tadi wilayah Kabupaten Trenggalek di guyur hujan dengan intensitas tinggi. Jadi, kita pantau dan cek ketinggian air sungai sehingga bisa kita antisipasi kemungkinan jika terjadi banjir.” Ujar AKBP Alith.

Hasil pengecekan di beberapa titik, lanjut AKBP Alith, ketinggian air sungai relatif mengalami kenaikan namun masih dalam batas aman. Namun demikian, pihaknya tetep mewanti-wanti warga agar berhati-hati dan waspada.

Berdasarkan pengalaman peristiwa banjir bandang yang melanda Trenggalek beberapa waktu yang lalu, air naik cukup cepat sehingga warga yang berada di sekitar bantaran sungai tidak sempat mengevakuasi barang-barang. Banjir juga menyisahkan lumpur yang cukup tebal baik di jalan maupun pemukiman warga.

Dalam mitigasi maupun penanganan bencana alam AKBP Alith menegaskan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti TNI, BPBD maupun SAR. Dari Polres Trenggalek sendiri setiap hari kita siagakan Satgas Tanggap bencana yang bisa digerakkan sewaktu-waktu.

“Kita semua tentu berharap tidak ada lagi bencana alam yang melanda Kabupaten Trenggalek. Namun jika terjadi kita sudah siapkan penanganannya.” Pungkasnya.