Polres Trenggalek Kawal dan Amankan Aksi Damai Tolak RUU Kesehatan

oleh -22 views

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian Resort Trenggalek memberikan pelayanan pengamanan dalam aksi damai yang digelar oleh sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) di depan gedung DPRD Kabupaten Trenggalek. Senin, (28/11).

Para peserta aksi damai ini dikawal oleh sejumlah personel kepolisian sejak dari titik kumpul di Tugu Garuda hingga aksi orasi di depan Gedung DPRD. Para peserta juga membentangkan sejumlah poster dan spanduk yang berisi penolakan RUU kesehatan (Omnibus Law).

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., melalui Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengatakan, dalam pengamanan ini Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 120 personel pengamanan.

Keseluruhan personel ini dibagi menjadi beberpa unit kecil diantaranya peleton Dalmas awal di Gedung DPRD, negosiator yang diawaki oleh Satbinmas bersama Polwan, pengawalan sejak dari titik kumpul di masing-masing kecamatan.

“Selain itu kita juga kerahkan personel yang bertugas pengamanan tertutup.” Ujar Iptu Suswanto.

Pihaknya menambahkan, pengamanan tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian yang diberikan kepada masyarakat. Pihaknya memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar tanpa ada gangguan dari pihak manapun.

“Menyampaikan pendapat dimuka umum adalah hak. Kita fasilitasi dan berikan pengamanan sesuai dengan tingkat kerawanan.” Imbuhnya.

Lebih lanjut Iptu Suswanto mengatakan pola pengamanan yang diterapkan adalah bersifat preventif dan humanis. Artinya, petugas yang terlibat pengamanan mengedepankan upaya pencegahan dan mengutamakan aspek humanis. Hal tersebut dibuktikan dengan petugas yang membagikan air mineral maupun snack dan permen kepada peserta aksi.

“Alhamdulillah, hingga selesai kegiatan, semua berjalan aman dan lancar.” Pungkasnya.