Aksi Damai Elemen Masyarakat di Trenggalek Berlangsung Kondusif

oleh -53 views

Polres Trenggalek – Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Peduli Trenggalek (ARPT) dan Jaringan Aksi Masyarakat untuk Budaya dan Ekologi (JAMBE) menggelar aksi damai dan hearing dengan DPRD Kabupaten Trenggalek. Rabu, (1/2).

Puluhan massa tersebut bergerak menuju kantor DPRD Kabupaten Trenggalek untuk menyuarakan permasalahan penanganan lingkungan hidup yang terdampak pada rusaknya ekologi dan menurunnya kesehatan masyarakat.

Selain melakukan orasi, beberapa diantaranya nampak membawa spanduk yang berisi `Tolak Limbah Pemindangan`, `Kami Melawan Karena Sudah Keterlaluan`, `Desa Kami Bukan T.P.A. Yang Selalu Dikasih Bau Busuk & Udara Tercemar`, `Tolak Limbah Pemindangan`, `Sehatmu tidak dapat di tukar dengan Uang`.

Guna memastikan kegiatan tersebut berjalan aman, tertib dan lancar, Polres Trenggalek mengerahkan personelnya untuk melakukan pengamanan baik di lokasi maupun sepanjang rute yang dilalui.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., melalui Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. yang turun tangan langsung memimpin jalannya pengamanan mengatakan, pengawalan dan pengamanan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian.

Menurutnya, menyampaikan pendapat di muka umum merupakan hak yang dilindungi oleh undang-undang. Namun demikian, perlu digaris bawahi bahwa dalam pelaksanannya harus memperhatikan keamanan, ketertiban, kenyamanan dan hak orang lain.

“Kita berikan pelayanan terbaik dan kita pastikan bahwa kegiatan ini berlangsung aman dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.” Ujar Kompol Sunardi.

Kompol Sunardi menegaskan, selama pelaksanaan pengamanan pihaknya meminta seluruh personel yang terlibat mematuhi SOP yang telah ditetapkan serta mengedepankan pola preventif, persuasif dan humanis.

Sementara itu, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto menuturkan, dalam rangka pengamanan kali ini Polres Trenggalek menerjunkan sedikitnya puluhan personel yang terdiri dari personel Polres dan Polsek jajaran.

Pengawalan dilakukan mulai dari titik kumpul di Watulimo hingga kantor DPRD Trenggalek, kemudian pengamanan rute oleh Polsek yang dilalui di backup oleh Satlantas. Selain itu turut dikerhakan pula tim negosiator dan Dalmas Satsamapta. Tak ketinggalan personel pengamanan tertutup dilibatkan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya.

“Apresiasi kepada seluruh peserta aksi, kegiatan hari ini bisa berjalan aman, lancar dan kondusif” Ucap Iptu Suswanto.