Polres Trenggalek Gelar Latpraops Keselamatan Semeru 2023

oleh -774 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menggelar Latihan Pra Operasi `Keselamatan 2023` (Latrpraops). Latpraops yang digelar di Rupatama Mapolres Trenggalek ini diikuti oleh Pejabat Utama dan segenap personel yang terlibat operasi. Jumat, (3/2).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. menegaskan, operasi mandiri kewilyahan ini digelar dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas di Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek yang aman dan kondusif.

“Operasi dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 7 sampai 20 Februari 2023 mendatang.” Ungkap Kompol Sunardi.

Pihaknya menjelaskan, sasaran operasi Keselamatan Semeru 2023 itu sendiri meliputi segala potensi gangguan yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Sedangkan target operasi antara lain, pengendara yang berkendara sambil menggunakan handphone, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, pengendara dalam pengaruh minuman beralkohol.

Selain itu juga pengendara yang melawan arus, tidak memakai sabuk pengaman, kendaraan yang menggunakan lampu strobo dan sirine, melebihi batas kecepatan, knalpot non standar, kendaraan over load dan over dimensi.

“Saya minta seluruh personel yang terlibat memahami betul tugas pokok masing-masing. bangun sinergitas yang kuat antar satuan tugas sehingga hasil operasi ini bisa betul-betul maksimal dan bisa dirasakan oleh masyarakat.” Imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, tujuan dari operasi Keselamatan ini adalah meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka kecelakaan serta pelanggaran Lalu lintas serta dapat meminimalisir pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

Disamping itu, upaya kepolisian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan efek jera dan menyadarkan pengendara akan pentingnya keselamatan dalam berkendara.

“Terus lakukan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu-lintas, guna menciptakan Kamseltibcar yang aman, nyaman dan selamat saat berkendara di Jalan Raya.” Ucapnya.

Dalam operasi ini, Polres Trenggalek melibatkan sedikitnya 59 personel Polri. keseluruhan personel tersebut terbagi menjadi lima satuan tugas atau Satgas diantaranya satgas Lidik, Satgas preemtif, Satgas Preventif, Satgas Gakkum, dan Satgas Banops.

“Untuk personel lainnya termasuk Polsek jajaran melaksanakan operasi imbangan dan kegiatan rutin yang ditingkatkan.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.