Sukseskan Operasi Keselamatan Semeru 2023, dari Sebarkan Pamflet hingga Pasang Spanduk

oleh -69 views

Polres Trenggalek – Memasuki pekan ke-dua operasi keselamatan Semeru 2023, jajaran Satlantas Polres Trenggalek menggencarkan sosialisasi dan edukasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif.

Edukasi tersebut menyasar berbagai komunitas masyarakat mulai dari pelajar hingga pengunjung maupun pedagang di pasar tradisional.

Seperti halnya yang dilakukan oleh personel Satlantas yang tergabung dalam Satgas Preemtif ini. sembari patroli wilayah, sejumlah Polantas nampak berinteraksi dengan masyarakat sembari membagikan pamflet tertib berlalu lintas. Senin, (13/2).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Yudiyono, S.I.K. mengatakan, setiap petugas patroli sengaja dibekali dengan pamflet yang nantinya bisa dibagikan kepada masyarakat.

“Iya betul. Jadi, sambil patroli anggota wajib berinteraksi dan memberikan edukasi tentang pentingnya tertib berlalu lintas. Salah satunya menggunakan media pamflet ini.” Jelas AKP Yudiyono.

Lebih lanjut AKP Yudiyono menuturkan, dalam rangka mendukung operasi Keselamatan Semeru 2023, pihaknya juga memasang spanduk imbauan yang dipasang di beberapa titik strategis. Tujuannya, tak lain dan tak bukan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan mengutamakan keselamatan saat berkendara.

Bukan itu saja, sebagai langkah pencegahan, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan memasang rambu-rambu atau tanda peringatan di sejumlah titik terutama pada jalan yang mengalami rusak atau berlubang.

Hal ini dilakukan agar masyarakat pengguna jalan lebih berhati-hati dan tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas terutama pada malam hari maupun hujan deras. Tanda peringatan pun dipasang kurang di pinggir jalan dengan warna mencolok sehingga mudah terlihat oleh siapapun.

“Beberapa jalur yang telah kami pasang tanda peringatan, sedangkan pada titik-titik kerusakan diberikan tanda dengan cat warna putih.” Imbuhnya.

AKP Yudiyono menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk langkah tindak lanjut dan diupayakan perbaikan tidak memakan waktu yang lama sehingga Kamseltibcarlantas dapat terwujud.