Inisasi Rakor Forum Lalu Lintas, Kasatlantas Trenggalek: Cegah Lakalantas Akibat Jalan Rusak

oleh -69 views

Polres Trenggalek – Menyikapi dinamika Kamseltibcarlantas selama 7 hari sejak berlangsungnya operasi keselamatan semeru 2023, Polres Trenggalek bergerak cepat dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Yang Tergabung Dalam Forum Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan Kabupaten Trenggalek. Selasa, (14/2).

Rakor yang diikuti oleh jajaran Satlantas Polres Trenggalek, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, BPJN dan Satpol PP/Damkar tersebut membahas berbagai hal terkait dengan peningkatan pelayanan dan keselamatan pengguna jalan.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasatlantas AKP Yudiyono, S.H. yang memimpin langsung jalannya Rakor tersebut menyoroti kondisi jalan rusak dan berlubang di sejumlah titik yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Berdasarkan analisa dan evaluasi, selama periode bulan Januari hingga tanggal 13 Februari 2023 telah terjadi 7 kali kecelakaan lalu lintas tunggal yang disebabkan oleh kerusakan jalan dengan korban 7 orang luka ringan.” Ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemetaan, terdapat beberapa ruas jalan rusak dan berlubang cukup dalam sehingga dapat membahayakan pengendara yang perlu mendapatkan perhatian dari para stakeholder diantaranya jalan raya nasional masuk Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek, jalan raya kecamatan Pogalan dan jalan raya masuk kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, jajaran Satlantas Polres Trenggalek telah melakukan berbagai langkah strategis seperti memasang rambu-rambu peringatan, menandai jalan berlubang menggunakan cat fosfor hingga penempatan personel patroli pada saat jam-jam sibuk.

“Dari aspek preemtif, kita masifkan sosialisasi dan edukasi khususnya tentang keselamatan berkendara. Menggunakan helm standar, sabuk pengamanan dan lain-lain. Termasuk pelanggaran yang berpotensi menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.” Imbuhnya.

Disinggung terkait hasil rakor itu sendiri AKP Yudiyono menuturkan, para perwakilan stakeholder yang hadir telah sepakat untuk menindaklanjuti permasalahan jalan rusak tersebut dengan melakukan perbaikan sesegera mungkin.

“Kita harapkan hasil dari pertemuan hari ini bisa segera ditindaklanjuti agar tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak. Namun demikian juga harus diimbangi dengan perilaku pengendara yang baik, tertib dan mengedepankan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain.” Pungkasnya.