Sidak Ruang Tahanan, Wakapolres Trenggalek: Waspada dan Jangan Terlena

oleh -160 views

Polres Trenggalek – Wakapolres Trenggalek Kompol Sunardi, S.Pd. melakukan sidak ke ruang tahanan Mapolres. Sidak ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesigapan dan kesiapsiagaan petugas dalam menjalankan tugas sesuai dengan SOP yang berlaku. Rabu, (15/2).

Didampingi oleh sejumlah pejabat utama, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini blusukan memeriksa satu persatu kamar tahanan dan melihat secara langsung kondisi para tahanan. Termasuk diantaranya fasilitas penunjang lainnya seperti kamar mandi dan ruang besuk.

Kompol Sunardi menuturkan, banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan untuk mengelabui dan lari dari ruang tahanan. Namun demikian, pihaknya meminta agar dalam memperlakukan tahanan harus tetap humanis dan memperhatikan koridor HAM.

Dalam kesempatan tersebut, perwira menengah satu melati di pundak ini juga mengecek ruang jaga tahanan serta fasilitas yang menyertainya. Pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan dan keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan yang tidak diinginkan.

Tak ketinggalan, pihaknya juga memeriksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, CCTV pengawas hingga soal kebersihan. Pihaknya mengintruksikan agar setiap petugas jaga benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada.

“Tingkatkan kewaspadaan pada saat jaga tahanan terutama malam hari dan menjelang pagi. Kemudian pada saat hari/jam besuk tahanan, tolong lebih jeli mengecek barang-barang yang dibawa oleh keluarga tahanan, baik makanan atau minuman. Jika menemukan barang-barang yang dinilai dapat membahayakan, jangan ragu untuk dikeluarkan dari ruang tahanan.” Ujarnya

Saat bertatap muka dengan para tahanan, Kompol Sunardi mengimbau agar memperbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan untuk mengambil makna dan menjadi manusia yang lebih baik.

“Jalani proses hukum dengan baik dan sabar. Tetap semangat, Allah SWT masih sayang dengan kalian semua, maka dari itu diingatkan dengan cara seperti ini, agar kedepan tidak mengulangi perbuatan yang sama dan berubah menjadi lebih baik.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.