`Padang Pasir`, Berikan Rasa Aman Wisatawan di Pesisir Trenggalek

oleh -55 views

Polres Trenggalek – Hari libur panjang nampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bersantai dengan mengunjungi tempat wisata. Tak terkecuali di kabupaten Trenggalek.

Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya pengunjung di lokasi wisata khususnya di wilayah pesisir seperti Watulimo, Panggul dan Munjungan. Meningkatnya jumlah pengunjung wisata tentu membawa konsekuensi terhadap kerawanan dan dinamika Kamtibmas wilayah.

Guna mengantisipasi hal tersebut, jajaran Polres Trenggalek khususnya Polsek wilayah pesisir konsisten menggelar `Padang Pasir` atau Patroli Ledang Pantau Pesisir. Sejumlah personel dikerahkan untuk melakukan patroli sekaligus pengamanan pada objek wisata laut. Sabtu, (18/2).

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kapolsek Watulimo AKP Suyono, S.H., M.Hum. menegaskan, khusus hari libur panjang ini pihaknya melakukan penebalan personel pada titik-titik rawan gangguan Kamtibmas.

“Antiisipasi kemacetan, kemudian gangguan keamanan seperti kejahatan jalanan serta melakukan imbauan tidak berenang di laut. Utamanya pada lokasi yang memang memiliki karatristik ombak yang cukup tinggi.” Jelas AKP Suyono.

Agar lebih optimal, pihaknya bersinergi bersama berbagai unsur yang ada seperti Koramil, Pos TNI Angkatan Laut, Polairud dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk memberdayakan Pokdarwis dan komunitas nelayan.

“Hari libur ini memang ada peningkatan jumlah pengunjung meskipun tidak signifikan. Personel kita sebar mulai dari pantai Prigi, Cengkrong, Pasir Putih, sampai Damas dan Mutiara. Selain itu ada satu unit patroli mobile yang berkeliling memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan.” Imbuhnya

Sementara itu, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto menambahkan, dari tingkat Polres Trenggalek sendiri memberikan backup personel dengan sasaran lokasi wisata yang diprediksi mengamai peningkatan pengunjungan. Salah satu diantaranya adalah Watulimo.

“Ada sejumlah personel dari unit Pamobvit atau Polisi Pariwisata yang juga kita terjunkan membantu pengamanan di lokasi wisata.” Ujarnya.

Masih kata Iptu Suswanto, puncak kunjungan wisatawan baik lokal maupun luar kota diperkirakan terjadi pada besok hari Minggu. Pihaknya memastikan baik Polres maupun Polsek akan melaksanakan pengamanan maksimal guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi wisata di Trenggalek.