Turut Hadir di Acara Musrenbang, Kapolres Trenggalek: Wujud Transparansi Pembangunan

oleh -51 views

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. bersama jajaran Forkopimda menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Trenggalek yang dipusatkan di Kampoeng MTS Agrowisata Desa Karanganom Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Selasa, (14/3).

Acara dibuka dengan laporan dari Kepala Bapeda Litbang yang menyampaikan tentang dasar dan tujuan penyelenggaraan Musrenbang serta membacakan hasil Musrenbang dari tiap tiap Kecamatan se Kabupaten Trenggalek.

Dilanjutkan dengan sambutan Bupati Trenggalek yang menekankan indeks pembangunan ekonomi inklusif meiputi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, pemerataan pendapatan dan pengurangan kemiskinan dan perluasan akses dan kesempatan.

Selain itu disampaikan pula prioritas pembangunan diantaranya infrastruktur berwawasan lingkungan disertai aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis digital berorientasi kepuasan masyarakatserta ekonomi kerakyatan dan jaring pengaman sosial.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Alith bersama jajaran Forkopimda lainnya turut menandatangani berita acarara hasil kesepakatan Musrenbang yang menurut rencana akan digelar selama dua hari berturut-turut tersebut.

Dikonfimrasi terpisah, AKBP Alith mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung terselenggaranya Musrenbang tersebut. menurutnya Musrenbang merupakan salah satu bentuk transparansi atas perencanaan pembangunan yang akan dilakukan pemerintah kedepan.

“Menyerap aspirasi dan harapan masyarakat dari tingkat paling bawah sehingga masyarakat turut dilibatkan dan berperan aktif mengawasi semua prosesnya. Ini merupakan langkah ideal agar pembangunan benar-benar bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.” Ungkap AKBP Alith.

Pihaknya berharap dengan Musrenbang ini, pembangunan di Kabupaten Trenggalek semakin maju dan tepat sasaran serta dapat mendorong peran serta masyarakat sehingga pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya bernilai strategis tetapi juga meningkatkan nilai ekonomi masyarakat secara luas.