Patroli Tarawih Polres Trenggalek, Amankan Masjid dan Pemukiman Warga

oleh -158 views

Polres Trenggalek – Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, Kepolisian Resor Trenggalek menggelar sejumlah kegiatan selama bulan Ramadan ini. Salah satu diantaranya adalah `Patroli Tarawih`.

Sesuai dengan namanya, patroli tarawih ini dilakukan saat masyarakat melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid atau musala. Sejumlah personel dikerahkan untuk melakukan patroli berkeliling seputaran kota Trenggalek serta titik-titik rawan kriminalitas.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasihumas Iptu Suswanto, S.H. mengatakan, patroli tarawih ini merupakan bagian dari kegiatan peningkatan Harkamtibmas selama bulan puasa Ramadan.

“Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh petugas yakni mengamankan masyarakat yang sedang beribadah salat tarawih berupa pengamanan terbuka untuk mengantisipasi gangguan keamanan seperti pencurian kendaraan para Jemaah dan pengaturan lalu lintas untuk mencegah kemacetan di jalan raya.” Jelas Iptu Suswanto.

Selain itu, petugas yang tergabung dalam patroli tarawih ini melakukan patroli dan pengamanan lingkungan dengan sasaran pemukiman penduduk. Hal ini sangat penting mengingat saat tarawih, sebagian besar rumah ditinggal oleh pemiliknya sehingga rawan terjadi aksi pencurian.

“Dengan kehadiran petugas ini tentunya masyarakat tak perlu risau dan kawatir lagi terjadi apa-apa dengan rumah dan barang-barang lainnya. jadi, bisa lebih khusyuk beribadah.” Imbuhnya.

Namun demikian pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan mengunci rumah serta memberikan pengamaan ganda terhadap kendaraan ataupun barang berharga lainnya.

Sedangkan untuk personel yang dilibatkan, Iptu Suswanto menerangkan dalam patroli tarawih ini sedikitnya ada tiga sampai empat regu yang dikerahkan setiap harinya. Mulai pukul 18.30  Wib hingga 21.00 Wib. Patroli serupa juga dilaksanakan serentak oleh Polsek jajaran dengan sasaran menyesuaikan kondisi wilayah setempat.

No More Posts Available.

No more pages to load.