Pastikan Kesiapan Jelang Lebaran dan Tahun Politik, Polres Trenggalek Cek Ranmor dan Senpi Dinas

oleh -64 views

Polres Trenggalek – Ada yang sedikit berbeda di Mapolres Trenggalek pagi ini. Puluhan kendaraan bermotor (Ranmor) khususnya roda empat dan enam nampak berjejer rapi di halaman Mapolres. sementara di sisi sebelah Timur, tepatnya di ruang public terbuka atau taman batu terlihat sejumlah petugas yang sedang menata senjata api (Senpi) diatas meja panjang. Rabu, (29/3).

Usut punya usut, ternyata Polres Trenggalek sedang menggelar pemeriksaan dan pengecekan Ranmor dinas dan senpi inventaris baik laras panjang maupun pendek. Tak tanggung-tanggung, pemeriksaan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K.

Didampingi beberapa pejabat utama orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini mengecek satu persatu Ranmor yang sehari-hari digunakan untuk operasional menjaga Kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek tersebut.

“Apel Ranmor dan Senpi ini merupakan salah satu wujud kesiapan kita menjelang Hari Raya Idul Fitri dan memasuki tahun politik 2024 nanti. Kita pastikan semua sarana-prasarana yang ada benar-benar laik pakai dan berfungsi dengan baik sehingga proses Harkamtibmas yang kita gelar tidak terhambat dan bisa berjalan dengan baik. Outputnya, masyarakat merasa aman dan nyaman,” Jelas AKBP Alith.

AKBP Alith meminta setiap personel maupun satuan wajib menjaga dan merawat dengan baik dan digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan kedinasan dan masyarakat.  Pihaknya juga menginstruksikan pengecekan secara berkala sekaligus sebagai fungsi kontrol terkait dengan penggunaan serta memastikan kelaikan kendaraan itu sendiri. Menurutnya, kendaraan dinas tersebut adalah barang milik negara yang diberikan untuk mendukung tugas-tugas Kepolisian.

“Jika ada yang rusak segera lakukan perbaikan. Jangan di tunda-tunda. Tunjukkan bahwa kita mampu menunaikan amanah yang diberikan dipundak kita.” Imbuhnya.

Sementara itu Kabaglog Polres Trenggalek Kompol Sutrisno, S.H. menngungkapkan, menurut rencana pengecekan Ranmor dan Senpi ini akan digelar selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 29 hingga 30 Maret 2023. Hal tersebut dilakukan mengingat objek pengecekan cukup banyak, mulai dari tingkat Polres maupun Polsek jajaran.

“Hari ini pemeriksaan senpi dan Ranmor R4. Untuk R2 kita laksanakan besok.” Jelas Kompol Sutrisno.

Kompol Sutrisno, S.H. mengatakan, pemeriksaan Ranmor meliputi beberapa aspek diantaranya kebersihan kendaraan, roda, lampu, mesin hingga perangkat pendukung lainnya seperti sirine, lampu rotator hingga pengeras suara.

Sedangkan Senpi meliputi aspek perawatan dan kebersihan, legalitas dan administrasi berupa surat ijin yang masih berlaku serta kelengkapan lainnya seperti jumlah amunisi dan lain-lain.

“Dari pengecekan ini nantinya akan diketahui kendaraan mana saja yang memerlukan prioritas perawatan atau pergantian suku cadang untuk kemudian didata dan dilakukan perbaikan sehingga tidak mengganggu tugas-tugas di lapangan. Termasuk senpi inventaris baik yang berada di Gudang ataupun yang pinjam pakai oleh anggota.” Pungkasnya.