Seperti Ini Keseruan Patroli Ngabuburit Polres Trenggalek

oleh -58 views

Polres Trenggalek – Patroli Ngabuburit yang dimotori oleh Satsamapta Polres Trenggalek digelar setiap hari sejak awal Ramadan yang lalu. Patroli ini merupakan salah satu terobosan kreatif Polres Trenggalek untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya yang sedang melakukan Ngabuburit menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Satu hal yang berbeda dengan jenis patroli yang lain adalah, patroli Ngabuburit ini lebih menonjolkan interaksi dengan masyarakat, selain memang bertujuan untuk menciptakan dan menjaga keamanan wilayah.

Hal ini terlhat dari keaktifan anggota patroli yang didominasi oleh personel Baja atau Bintara remaja untuk membuka komunkasi dengan setiap masyarakat yang ditemuinya. Tidak hanya kalangan usia dewasa, bahkan anak-anak pun ikut larut dalam suasana nyaman yang sengaja dibangun.

Seperti yang terlihat saat tim patroli ngabuburit ini menyambangi area stadion Menak Sopal Kelutan. Sembari memantau situasi, petugas menyempatkan diri berbincang dengan anak-anak yang kebetulan juga sedang ngabuburit di lokasi tersebut. Selasa, (4/4).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., melalui Kasatsamapta AKP Supadi, S.H. menuturkan, pada dasarnya Patroli Ngabuburt merupakan rangkaian dari komitmen Polres Trenggalek untuk mewujudkan `Ramadan Aman` yang didalamnya meliputi patroli sahur, patroli tarawih dan patroli ngabuburit.

“Aktivitas masyarakat terpadat memang menjelang berbuka puasa. Oleh sebab itu, kita lakukan penebalan personel. Nah, dalam pelaksanaannya mengedepankan pola preventif humanis membangun interaksi positif dengan masyarakat.” Jelas AKP Supadi

Dalam patroli ini lanjut AKP Supadi petugas diwajibkan menyampaikan imbauan Kamtibmas khususnya yang berkaitan dengan bulan suci Ramadan. Termasuk kepada anak-anak dan remaja, seperti larangan menyulut petasan, menerbangkan balon udara hingga sahur on the road (SOTR) menggunakan sound system berlebihan.

“Metode komunikasi juga kita sesuaikan dengan usia mereka sehingga lebih mengena dan pesan yang kita sampaikan juga bisa lebih mudah diterima. Bahkan, tak sedikit yang minta foto bareng atau bikin konten.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan patroli yang digelar massif ini situasi Kamtibmas di Trenggalek yang kondusif selama Ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri nanti dapat benar-benar terwujud.