Wujudkan Kamtibmas Kondusif Jelang Lebaran, Ini Yang Dilakukan Polres Trenggalek

oleh -59 views

Polres Trenggalek – Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, guna memastikan Kamtibmas kondusif, Kepolisian Resor Trenggalek mengintensifkan unit patrolinya. Patroli ini menyasar berbagai lokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat selama bulan Ramadan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek melalui Kasihumas Iptu Suswanto mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi beberapa tahun terakhir, setiap menjelang lebaran terdapat kecenderungan peningkatan angka kriminalitas, seperti pencurian, balap liar hingga knalpot brong.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita lakukan penebalan personel pengamanan dan patroli. Sasaran utama adalah pusat perbelanjaan, kantor perbankan, ATM serta lokasi lain yang menjadi tempat berkumpul masyarakat selama bulan Ramadan ini.” Ujar Iptu Suswanto.

Personel yang dilibatkan pun relatif cukup banyak. Hari-hari biasa, petugas patroli yang diterjunkan adalah paling sedikit dua regu patroli, menjelang lebaran ini ditambah tiga hingga empat regu sehingga bisa menjangkau wilayah yang lebih luas hingga ke pemukiman penduduk.

Demikian juga dengan Polsek jajaran yang biasanya satu regu, kita pertebal minimal dua regu dengan sasaran yang berbeda. Metode yang terapkan adalah patroli bersinggungan dimana pada waktu yang telah ditentukan regu patroli ini akan bertemu di satu titik yang sama.

Selain patroli dari Satsamapta maupun Satlantas lanjut Iptu Suswanto, Polres Trenggalek juga mengerahkan petugas tertutup yang ditempatkan disejumlah tempat yang dinilai memiliki kerawan tinggi.

“Untuk ditingkat Polres kita kombinasikan antara patroli Ranmor dengan sepeda maupun jalan kaki. Jadi, jangan heran kalau di mana-mana ada polisi. Ini tak lain dan tak bukan adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.” Jelas Iptu Suswanto.

Sementara itu, untuk menekan aksi balap liar maupun knalpot Brong, setiap hari Polres Trenggalek menggelar operasi yang dimotori oleh jajaran Satlantas. Dalam satu minggu terakhir, puluhan sepeda motor tidak sesuai spek tek telah ditindak tegas dengan Tilang dan kendaraan diamankan di Mapolres.

“Para pelanggar diwajibkan mengganti dengan yang standar.” Imbuhnya.