Lebaran Aman dan Berkesan, Simak Tips Ampuh dari Polres Trenggalek

oleh -1,413 views

Polres Trenggalek – Hari pertama Operasi Ketupat Semeru 2023, Kepolisian Resor Trengggalek menggebar dengan berbagai kegiatan preemtif dan preventif. Selain mulai beroperainya sejumlah pos pengamanan dan pos pelayanan, Polres Trenggalek juga melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat. Salah satunya adalah melalui saluran radio.

Menggandeng stasiun radio Praja Angkasa FM yang memang sudah tak asing di telinga masyarakat Kabupaten Trenggalek, Satgas Preemtif Operasi Ketupat Semeru 2023 melakukan sosialisasi terkait dengan Mudik Lebaran yang aman dan berkesan. Selasa, (18/4).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kasihumas Iptu Suswanto, S.H. menurutkan radio masih menjadi sarana efektif untuk menyebar luaskan informasi. Tak terkecuali tentang Operasi kepolisian ini.

Menurutnya, siaran radio memeliki beberapa keunggulan diantaranya adalah bisa menjangkau lebih luas dan sampai saat ini radio masih menjadi hiburan alternatif favorit bagi masyarakat Kabupaten Trenggalek.

“Masa libur lebaran hampir tiba, diperkiran jumlah pemudik akan meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya akibat pandemik Covid-19. Oleh sebab itu, sosialiasasi dan edukasi mudik yang aman sangat penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.” Ujar Iptu Suswanto.

Berikut adalah Tips berlebaran dan mudik aman yang disampaikan oleh Iptu Suswanto.

Pertama Periksa kondisi rumah sebelum ditingal, pastikan aliran listrik dan copot regulator tabung gas serta hal-hal yang menimbulkan korsleting listrik dan menghindari terjadinya kebakaran akibat kebocoran tabung gas saat ditinggal mudik, Jangan lupa juga untuk melapor kepada RT dan RW sebelum pulang mudik.

Yang kedua, Persiapkan kendaraan dengan baik. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik sebelum melakukan perjalanan mudik. Periksa semua bagian kendaraan seperti mesin, rem, lampu, kaca spion, dan ban. Pastikan juga sudah melakukan servis berkala kendaraan sehingga kondisi kendaraan sudah optimal. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah saat perjalanan mudik.

Berikutnya, rencanakan rute perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan anda sudah merencanakan rute perjalanan dengan baik. Pilihlah rute yang aman dan jauh dari kemacetan. Perhatikan juga kondisi jalan dan cuaca yang akan Anda hadapi selama perjalanan. Jangan lupa untuk memperhatikan lokasi rest area atau tempat istirahat selama perjalanan.

Keempat, siapkan perlengkapan darurat. Persiapkan perlengkapan darurat seperti ban serep, alat ganti ban, alat pemadam kebakaran, obat-obatan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi segala sesuatu yang tidak terduga selama perjalanan mudik.

Kelima, siapkan uang tunai yang cukup, pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup selama perjalanan mudik. Uang tunai ini dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman, bahan bakar kendaraan, atau membayar tol.

Kenam, patuhi aturan lalu lintas. Patuhi aturan lalu lintas selama perjalanan mudik dan jangan melanggar aturan lalul intas.

Ketujuh, Jangan terlalu lelah. Jangan mengemudi terlalu lama dan melelahkan, berhentilah sejenak dan istirahat setiap 2-3 jam sekali.

Terkahir, cek jadwal keberangkatan transportasi umum. Jika Anda menggunakan transportasi umum untuk mudik, pastikan anda sudah cek jadwal keberangkatan dan memesan tiket sebelumnya. Hal ini dapat membantu Anda menghindari antrian panjang dan memastikan Anda mendapatkan tempat duduk yang nyaman selama perjalanan.

Sementara itu, Kaurbinops Satlantas Iptu Siswanto, S.H. yang kebetulan turut hadir dalam sosialisasi tersebut menuturkan, untuk mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2023, Polres Trenggalek telah mendirikan sedikitnya 3 Pos pengamanan di Durenan, Tugu dan Watulimo serta satu Pos Pelayanan yang ditempatkan di halaman Agropark Trenggalek.

“Jika merasa lelah karena perjalanan jauh jangan memaksakan diri. Silahkan singgah di Pos pengamanan atau pos pelayanan yang ada di Trenggalek. Pemudik bisa beristirhat semari menikmati fasilitas yang ada seperti tempat istirahat, jajanan dan minuman atau mencoba kuri pijat refleksi untuk sekadar mengendorkan otot.” Ucapnya.

Pihaknya turut mengimbau agar para pemudik yang melintas tetap mentaati peraturan lalu lintas dan selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

No More Posts Available.

No more pages to load.