Implementasi `Mahameru Lantas`, Polantas Trenggalek Blusukan Pasar Berikan Edukasi Tertib Lalin

oleh -225 views

Polres Trenggalek – Sejumlah petugas Polantas nampak mengunjungi dan blusukan ke dalam pasar tradisional tepatnya di Desa Rejowinangun, Kecamatan Trenggalek. Usut punya usut, kedatangan Polantas yang merupakan anggota Satlantas Polres Trenggalek ini dalam rangka sosialisasi tentang tertib berlalu lintas. Sabtu, (11/11).

Tak hanya sebatas berkunjung dan berkeliling, para Polantas ini juga berbincang ringan dengan sejumlah pedagang maupun penunjung pasar sembari menyampaikan tentang tertib dan etika berlalu lintas serta membagikan pamflet yang berisi tips-tips sederhana keselamatan berkendara.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Mulyani, S.E., M.Si. mengatakan kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut merupakan implementasi dari program kerja Ditlantas Polda Jatim yang bertajuk `Mahameru Lantas` dimana salah satu tujuannya adalah menggugah empati dan kepedulian masyarakat dalam berlalu lntas.

“Kita gaungkan kembali budaya tertib berlalu lintas. Sasaran edukasi ini adalah kelompok atau komunitas masyarakat. Termasuk diantaranya adalah para pedagang dan pengunjung pasar.” Ujarnya.

AKP Mulyani menuturkan, kata kunci dalam kegiatan ini adalah interaksi dua arah yang terbangun antara petugas dengan masyarakat. Dalam prosesnya, masyarakat tidak hanya ditempatkan sebagai objek tetapi juga subjek agar tumbuh kesadaran kolektif dan turut berperan aktif dalam tertib berlalu lintas.

Komunikasi yang terbangun pun tidak melulu membahas soal lalu lintas semata tetapi juga tentang berbagai hal yang dialami dan dirasakan oleh masyarakat. Nah, disela-sela perbincangan inilah petugas dapat menyisipkan pesan-pesan seputar kelalulintasan.

“Di lingkungan pasar banyak unsur yang terlibat, mulai dari pedagang itu sendiri, pengunjung, tukang parkir hingga sopir angkutan dan logistik. Kita berikan wawasan agar senantiasa patuh dan taat aturan lalu lintas sekaligus kita dorong mereka menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.