Berbuah manis, Kepedulian Polres Trenggalek Terhadap Disabilitas Rungu Wicara Diganjar Penghargaan Oleh Gubernur Jatim

oleh -49 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek lagi-lagi menerima penghargaan. Kali ini penghargaan diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. kepada Polres Trenggalek selaku pembimbing disabilitas rungu wicara sebagai sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas).

Kepolisian Bumi Menak Sopal ini dinilai pro aktif dalam upaya memberikan kuota lapangan pekerjaan bagi penyandang disabilitas khususnya rungu wicara di Kabupaten Trenggalek.

Penghargaan itu sendiri diserahkan oleh Sekda Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono A.KS., M.A.P. bersamaan dengan digelarnya peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Provinsi Jawa Timur yang dipusatkan di GOR Gajah Putih, Kabupaten Trenggalek. Minggu, (3/12).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. pihaknya ikut berbangga dan mengucapkan terima kasih atas diberikannya penghargaan tersebut. Hal ini tak lepas dari peran serta seluruh anggota sekaligus menunjukkan kepedulian dan perhatian jajaran Polres Trenggalek kepada para penyandang difabel.

“Ada kurang lebih 20an orang. Pembinaan kepada para Supeltas disabilitas rungu wicara rutin kita lakukan. Minimal satu bulan sekali ada pertemuan sekaligus pelatihan tentang pengaturan dan pengetahuan kelalulintasan untuk meningkatkan keterampilan. Bahkan kita hadirkan juga instruktur bahasa Isyarat untuk mempermudah komunikasi.” Ujarnya.

Masih kata AKBP Gathut, keberadaan Supeltas ini dirasa cukup membantu kelancaran lalu lintas ditengah terbatasnya jumlah personel Kepolisian. Di tengah kekurangannya sebagai penyandang disabilitas rungu wicara, para Supeltas ini secara aktif membantu petugas mengatur lalu lintas setiap hari.

“Kita berikan wadah yang bernama `Supeltas Twit` atau Sukarelawan Pengatur Lalulintas Tunarungu Wicara Trenggalek. Supeltas Twit ini merupakan salah satu terobosan Satlantas Polres Trenggalek yang fokus pada pembinaan dan pelatihan kepada para Supeltas Tunarungu Wicara yang kerap beroperasi di Trenggalek.” Imbuhnya

Pihaknya berharap dengan penghargaan tersebut semakin memacu jajaran polres Trenggalek untuk terus berbuat membantu penyandang disabilitas di kabupaten Trenggalek. disaping itu, pihaknya juga mengajak masyarakat luas untuk terlibat aktif meningkatkan kesetaraan, kesempatan dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.