Wujudkan Kamseltibcarlantas Kondusif, Polres Trenggalek Canangkan Aksi Keselamatan di Jalan

oleh -1,330 views

Polres Trenggalek – Jajaran kepolisian bersama elemen masyarakat kabupaten Trenggalek berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara di jalan. Komitmen tersebut dinyatakan bersamaan dengan diselenggarakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024 di halaman Mapolres Trenggalek. Sabtu, (2/3).

Pembacaan ikrar bersama sekaligus pencanangan `Aksi Keselamatan di Jalan` dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0806 Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A didampingi Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si yang beritindak selaku pimpinan apel, diikuti oleh seluruh peserta apel yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, driver ojek online hingga mahasiswa dan pelajar.

Adapun poin-poin penting dalam ikrar bersama tersebut diantaranya adalah setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bersama instansi kepolisian menjaga ketertiban dalam rangka mewujudkan lalu lintas yang aman dan berkeselamatan dijalan.

disamping itu, saling menghargai dan menghormati hak pengguna jalan sesuai amanat Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 dan siap menjadi garda terdepan, terjun ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi edukasi dan partisipasi dalam mewujudkan lalu lintas yang aman dan berkeselamatan.

Dikonfirmasi terpisah usai kegiatan, AKBP Gathut menegaskan, pencanangan aksi keselamatan di jalan tersebut merupakan salah satu upaya jajaran kepolisian untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan berperan aktif menjaga Kamseltibcarlantas senantiasa kondusif.

“Patuh dan tertib berlalu lintas diawali dari diri sendiri, dikembangkan di keluarga dan disebar luaskan kepada lingkungan dan masyarakat.” Ujarnya

Disamping itu, kegiatan itu sendiri merupakan bentuk komitmen kuat dari berbagai elemen masyarakat khususnya kalangan milenial untuk bisa menjadi teladan dan pelopor keselamatan berlalu lintas sekaligus menggugah kesadaran masyarakat lainnya tentang arti penting keselamatan di jalan.

Dari data Satlantas diketahui bahwa angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek mengalami kenaikan sebanyak 12% dari 545 kali di tahun 2022 menjadi 610 kali di tahun 2023. Ditinjau dari aspek usia, korban kecelakaan lalu lintas tertinggi berada pada rentang usia 16-30 tahun yaitu sebanyak 323 orang, disusul usia 51 tahun keatas sebanyak 265 orang dan 41-50 tahun sebanyak 108.

“Dilihat dari angka tersebut, selayaknya ini menjadi perhatian kita semua. Melalui pencanangan aksi keselamatan di jalan ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan keselakaan lalu lintas. Terhitug mulai tanggal 4 sampai 17 Maret 2024 mendatang kami juga menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2024.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.