Kisah Inspiratif Cak Kun dan Sigaling hingga Diganjar Predikat Local Hero Terbaik Jawa Timur

oleh -9 views

Polres Trenggalek – Seorang warga Kabupaten Trenggalek menerima anugerah sebagai Juara 1 Local Hero Award yang di selenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim dalam rangka menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-69.

Piagam penghargaan yang ditandatangani langsung oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin, S.I.K., M.M. tersebut diserahkan dalam sebuah seremonial di Gedung Mahaneru Polda Jatim yang dihadiri oleh seluruh jajaran Satlantas se Jawa Timur. Kamis, (26/9).

Kisah seorang Soegeng Koencahyo warga Kelurahan Sumbergedong, Kabupaten Trenggalek dengan ambulans yang diberi nama Sigaling ini, nampaknya benar-benar menyentuh dan menjadi kesan tersendiri bagi tim juri.

Berawal dari tahun 2016 yang lalu, Cak Kun begitu warga sekitar biasa memanggil, mengalami kecelakaan tragis. Dari peristiwa itu, Cak Kun dinyatakan mengalami gegar otak dan harus dilakukan operasi pada bagian kepala. Nahasnya, tulang tengkorak tidak bisa direkayasa ulang dan berakhir dengan cacat seumur hidup.

Kondisi tersebut membawa trauma tersendiri bagi seorang Cak Kun. Berangkat dari situ, Cak Kun kemudian tergerak untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Saat kebetulan ada lelang sebuah kendaraan ambulans dari pemerintah, ia kemudian berupaya keras untuk bisa mendapatkan mobil tersebut.

Hal ini bukan perkara mudah. Cak Kun hanyalah seorang warga biasa yang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari lebih banyak mengandalkan hasil dari berjualan alen-alen (jajanan Khas Trenggalek.red). Namun sepertinya tekat kuat itu seolah tak terbendung.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, ambulans itu pun berhasil ia dapatkan. Meski konsekuensi yang ia hadapi adalah harus menyisihkan sebagian penghasilannya untuk mengangsur cicilan setiap bulan. Seriring berjalan waktu, ambulan itu kemudian diberi nama `Sigaling` yang merupakan akronim dari Siaga Lingkungan.

Dari Sigaling inilah, kemudian ia berupaya membantu masyarakat sekitar. Tak sedikit warga yang sangat merasa terbantu. Siapapun yang memang memerlukan pertolongan darurat bisa memanfaatkan Sigaling. Mulai dari korban kecelakaan lalu lintas hingga warga yang sakit dan membutuhkan kendaraan untuk ke rumah sakit.

Semua dibantu dengan ikhlas dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Warga cukup mengganti BBM yang digunakan agar saat dibutuhkan oleh warga yang lain tidak sampai kehabisan bensin di tengah jalan.

Berangkat dari kisah ini, maka tak heran jika kemudian seorang Cak Kun diganjar penghargaan dengan meraih predikat terbaik dalam ajang Local Hero Award oleh Polda Jatim.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Agus Prayitno, S.H. menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi sekaligus bangga terhadap sosok Cak Kun yang dengan kegigihan dan tanpa pamrih banyak membantu masyarakat di lingkungannya.

“Tentu kita semua sangat bangga bahwa perjalanan hidup seorang Cak Kun ini bisa menginspirasi semua orang untuk selalu berbuat kebaikan dan membantu sesama.” Ucapnya

Tak ketinggalan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan semangat kebaikan, ketulusan, keikhlasan dan bisa menjadi teladan bagi masyarakat luas.

“Sukses adalah saat kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Mudah-mudahan ini juga bisa menjadi pelecut semangat kita untuk senantiasa menumbuhkan rasa saling menyayangi dan mengasihi sebagai sesama manusia. Semoga membawa berkah untuk kita semua.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.