Inspeksi Mendadak Ruang Pelayanan, Kapolres Trenggalek: Berikan Pelayanan Prima, Cepat dan Profesional

oleh -52 views

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) disejumlah ruangan kerja dan pelayanan publik yang ada di Mapolres. Jumat, (26/8).

Kapolres yang dikenal humoris dan murah senyum ini, menyambangi satu persatu ruangan mulai dari Bagian, seksi, satuan hingga ruang pelayanan seperti SPKT, SKCK maupun Satpas Sim. Tak sekedar mengecek personel yang ada, AKBP Alith juga menyempatkan diri berbincang dengan anggota.

AKBP Alith menerangkan, dengan turun langsung seperti ini, pihaknya bisa mengetahui secara pasti tentang kondisi riil. Kendala yang dihadapi ataupun sumberdaya manusia yang mengawakinya.

“Setiap organisasi pasti memiliki kendala tertentu yang mungkin bisa menghambat kinerjanya. Dengan langsung ngobrol seperti ini kita bisa mengurai permasalah secara lebih komprehensif dan tentunya memberikan solusi.” Ujar AKBP Alith

Saat mengunjungi ruang pelayanan SKCK yang berada di sisi sebelah barat Mapolres, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini mengecek fasilitas dan perangkat pendukung yang ada. Bukan itu saja, pihaknya juga berdialog dengan sejumlah masyarakat yang kebetulan hadir untuk mengurus SKCK.

“Kita tanyakan tentang kepuasan pelayanan, kemudian kecepatan proses dan biaya PNBP yang harus dibayarkan. Alhamdulillah semua sudah sesuai SOP yang ada.” Imbuhnya

Lebih lanjut AKBP Alith mengungkapkan, setiap pelayanan Polri harus cepat dan biaya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 Tentang Jenis dan Taris Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Agar bisa mengetahui secara persis tentang mekanisme dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan sehingga kedepan dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik” Ucapnya

Pada Sidak tersebut, AKBP Alit mengingatkan kepada setiap anggota agar merawat dan menjaga kebersihan ruang kerja masing-masing. Menurutnya, ruang kerja adalah rumah kedua dan salah satu faktor penentu kualitas kerja adalah kondisi ruangan. Jika ruangan bersih dan rapi akan muncul suasana yang menyenangkan. Dari situ akan tumbuh semangat bagi anggota.

“Harus open dan handarbeni. Merasa ikut memiliki dan merawat ruangan masing-masing.” Ucapnya.