Patroli Ngabuburit Polres Trenggalek, Berikan Rasa Aman dan Nyaman Masyarakat di Bulan Ramadan

oleh -1,262 views

Polres Trenggalek – Menjelang waktu berbuka puasa, petugas kepolisian nampak berjaga-jaga di sejumlah titik di seputaran kota Trenggalek.  Petugas yang merupakan personel dari Polres Trenggalek ini sengaja dikerahkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melakukan ngabuburit. Rabu, (20/3).

Petugas tidak hanya statis pada satu titik saja tetepi juga berkeliling diseputar lokasi, bahkan berinteraksi dengan masyarakat yang kebetulan sedang berada dilokasi maupun berburu takjil untuk buka puasa.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susilo Basuki, S.Sos. mengatakan, sejak awal bulan puasa, Polres Trenggalek telah menggelar `Patroli Presisi Ramada` dimana salah satunya adalah patroli Ngabuburit.

“Patroli Ngabuburit ini dilaksanakan mulai pukul 15.00 Wib sampai masuk waktu Maghrib” Jelasnya.

Patroli Ngabuburit tidak hanya dilaksanakan di tingkat Polres tetapi juga melibatkan seluruh Polsek jajaran se Kabupaten Trenggalek. Sedangkan sasaran patroli adalah pusat keramaian dan perbelanjaan, tempat nongkrong dan berjualan takjil hingga wisata kuliner dimana kerap dijasikan lokasi buka bersama.

Bukan itu saja, Patroli Ngabuburit ini juga melakukan langkah-langkah kepolisian untuk mencegah timbulnya tindak kriminalitas maupun kejahatan, balap liar, knalpot tidak sesuai spesifikasi hingga penggunaan petrasan atau mercon.

“Khusus diseputaran kota Trenggalek, mulai dari lingkat alun-alun, Pasar Pon, sepanjang jalan Panglima Sudirman dan jalan Soekarno Hatta, jalan Brigjen Soetran hingga hutan kota. Semua kita sisir dan lakukan patroli.” Imbuhnya.,

Untuk pelibatan personel itu sendiri, di tingkat Polres melibatkan sedikitnya enam unit operasional yakni dari Satlantas, Satsamapta, Satbinmas, Satintelkam dan Satreskrim dan Satresnarkoba. Satu unit terdiri dari sekurangnya 6-10 personel. Sedangkan Polsek jajaran menerjunkan personel yang masuk piket hari itu ditambah dengan regu cadangan.

Pihaknya berharap dengan Patroli Ngabuburit ini dapat berkontribusi dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama bulan ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445 H serta menambah khusyuk bagi masyarakat yang sedang menunaikan ibadah puasa.

Sebagai informasi, selama bulan Ramadan, Polres Trenggale menggelar satu kegiatan yang bertajuk `Patroli Presisi Ramadan` yang terdiri dari tiga bagian antara lain, `Patroli Ngabuburit` dilaksanakan mulai pukul 15.00 Wib sampai beduk maghrib dilanjutkan `Patroli Tarawih` pukul 19.00 Wib sampai 21.00 Wib dan `Patroli Sahur` digelar mulai pukul 02.00 sampai masuk waktu imsya dilanjutkan salat subuh bersama warga.

No More Posts Available.

No more pages to load.