Polisi di Trenggalek Wajib Ikuti TKJ, Digelar Tiap Semester

oleh -194 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek kembali menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) periode semester II tahun 2023. TKJ digelar untuk mengukur kemampuan fisik masing-masing anggotanya. TKJ ini rutin digelar minimal setiap 6 bulan sekali.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui KabagSDM Kompol M. Solichin, S.H. menuturkan ebagai anggota Polri, dalam menjalankan tugas pokoknya selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dituntut siap sedia menunaikan tugas setiap waktu. Kondisi tersebut harus dibarengi dengan fisik yang sehat sekaligus prima. Salah satunya melalui kegiatan TKJ tersebut.

“Sebagai fungsi kontrol sejauh mana kondisi kesehatan dan fisik anggota sehingga dalam melaksanakan tugas sehari-hari dengan mobilitas tinggi tidak terganggu.” Tegas Kompol Solichin

Pihaknya menambahkan, TKJ yang digelar di stadion menak sopal ini diikuti oleh seluruh personel Polres Trenggalek baik Polri maupun ASN secara bergantian agar tidak mengganggu fungsi pelayanan kepada masyarakat. Menurut rencana TKJ akan diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 21 hingga 23 September mendatang.

Masih kata Kompol Solichin hasil dari TKJ ini nantinya akan menjadi salah satu indikator penting bagi anggota yang ingin meningkatkan karir seperti SIP, PAG maupun Pendidikan Pengembangan (Dikbang) lainnya.

Beberapa materi TKJ diantaranya lari 12 menit, pull up dan Chinning (bagi wanita), pushup, sit up dan terakhir shuttle run. Masing-masing anggota diwajibkan lulus dengan nilai standar yang telah ditetapkan berdasarkan kelompok usia.

Sedangkan rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah diawali pemeriksaan kesehatan terlebih oleh tim medis dari Sidokkes terlebij dahulu. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan bahwa para peserta tidak memiliki riwayat penyakit ataupun dalam kondisi sakit yang dapat berakibat fatal, dilanjutkan mengukur berat badan.

No More Posts Available.

No more pages to load.