Hadiri Gema Takbir, Ini Pesan Kapolres Untuk Masyarakat Trenggalek

oleh -1,353 views

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.I.K. bersama jajaran Forkopimda membuka Gema Takbir di Masjid Agung Baiturrahman Trenggalek. Gema takbir menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 H ditandai dengan tabuh bedug oleh segenap jajaran Forkopimda. Selasa, (9/4).

Dikonfirmasi terpisah, AKBP Gathut mengatakan, berdasarkan pengumuman pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Syawal 1445 H atau hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 besok.

Pengumuman in tentunya disambut dengan bahagia oleh segenap masyarakat khususnya warga Trenggalek yang ditandai dengan mengumandangkan takbir atau yang lebih sering disebut dengan takbiran.

Namun demikian, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat agar tidak berlebihan dalam merayakan malam takbir ataupun melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan merugikan orang lain, seperti mabuk, kebut-kebutan ataupun menyulut petasan.

“Salurkan kebahagiaan pada hal-hal yang positif.” Ujarnya.

Lebih lanjut, AKBP Gathut mengimbau agar pada lebaran ini masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling terutama yang menggunakan sound system berlebihan dan mengutamakan menggemakan takbir di masjid dan musala dilingkungan rumah masing-masing, tidak menyalakan petasan atau mercon dan tidak menerbangkan balon udara.

“Kumandangkan takbir di masjid dan musala di lingkungan masing-masing.” Imbuhnya.

Masih kata AKBP Gathut, guna mengamankan kegiatan malam takbir, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 400 personel gabungan. Para petugas ini disebar di sejumlah titik rawan diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek

“Keseluruhan personel yang dilibatkan dalam pengamanan malam takbir merupakan gabungan personel Polres dan Polsek jajaran bersinergi bersama personel TNI, Satpol PP, Dishub serta instansi terkait lainnya.” Tambahnya

Pihaknya berharap dengan strategi pola pengamanan dan pengerahan personel ini, situasi dan kondisi malam takbir di Kabupaten Trenggalek berlangsung kondusif.  Demikian pula dengan ibadah salat Id yang digelar disejumlah masjid dan lapangan esok hari berjalan aman dan lancar.

“Mari bersama-sama Jaga Trenggalek” Pungkasnya

No More Posts Available.

No more pages to load.