Kapolres Trenggalek Apresiasi Terselenggaranya Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Perangkat Desa

oleh -44 views

Polres Trenggalek – Kabupaten Trenggalek terpilih sebagai salah satu dari 12 Kabupaten/kota di Indonesia dan satu-satunya di Jawa Timur yang menjadi tuan rumah gelaran `Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Perangkat Desa` yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI G. Eko Sunarto saat mengisi materi di ballroom Hotel Hayam Wuruk, Kabupaten Trenggalek. Senin. (9/10).

“Sosialisasi ini sangat penting karena perangkat desa merupakan ujung tombak sekaligus role model panutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.” Ujarnya.

Sebagaimana tercantum dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 menegaskan bawah setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Dalam bela negara tidak selalu dilihat dari aspek fisik, namun dapat pula dilakukan dengan melakukan semua upaya dan ikut serta ikut memajukan negara Indonesia.

“Bela negara mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan.” Imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. yang kebetulan turut hadir bersama jajaran Forkopimda, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurutnya, soasialsiasi ini mendorong Masyarakat untuk lebih mencintai tanah air, menanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi ditengah gencarnya budaya asing yang masuk melalui media sosial maupun saluran internet lainnya.

“Perangkat desa bisa menjadi rujukan dan menggugah kesadaran masyarakat tentang arti penting bela negara. Lebih mencintai Indonesia sebagai rumah besar bersama.” Ucapnya.

Untuk diketahui, dalam acara sosialisasi yang diikuti oleh ratusan perwakilan perangkat desa se Kabupaten Trenggalek diisi oleh pemateri dari berbagai Lembaga diantaranya Kemenhan, BNN dan BNPT serta melibatkan pemerintah daerah dari Kominfo dan Kesbangpol Kabupaten Trenggalek.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad NataNegara, S.H., Dandim 0806 Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S. Sos., Ketua DPRD H. Samsul Anam, S.H., M.M., M.Hum., Kajari Dr. Masnur, S.H., M.Hum., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Antyo Harri Susetyo, S.H., Ketua Pengadilan Agama H. Ahmad Zahri, S.H., M.H.I serta sejumlah kepala OPD terkait.