Gugah Kesadaran Tertib Lalin, Satlantas Trenggalek Terapkan Metode Edukasi Interaktif

oleh -2,480 views

Polres Trenggalek – Operasi Keselamatan Semeru 2024 masih menyisahkan beberapa hari lagi. Jajaran Polres Trenggalek terus menggiatkan kegiatan preemtif dan preventif guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang kondusif di Kabupaten Trenggalek. Salah satunya dengan menggalakkan sosialisasi maupun edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

Hari ini, sejumlah petugas yang merupakan anggota dari Satgas Preemtif Operasi Kesemalatan Semeru 2024 Polres Trenggalek, tertangkap kamera sedang blusukan ke pasa basah Trenggalek. selain berkeliling dan berinteraksi dengan para pedagang maupun pengunjung pasar, petugas juga memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas. Sabtu, (16/3).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Mulyani, S.E., M.Si. menjelaskan, lokasi tersebut dipilih bukan tanpa sebab. Menurutnya, pasar merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dengan berbagai latar belakang sehingga sangat efektif menjadi sasaran sosialisasi dan edukasi.

“Para pedagang maupun pengunjung pasar saat berangkat dan pulang berkativitas tentu kerap bersinggungan langsung dengan penggunaan kendaraan dan jalan raya. Apalagi saat bulan ramadan seperti ini aktivitas cenderung meningkat.” Jelasnya.

Oleh sebab itu, tidak salah jika kelompok masyarakat ini menjadi salah satu sasaran edukasi dari Operasi Keselamatan Semeru 2024, sehingga dalam beraktivitas terutama saat berkendara senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan di jalan.

Sementara itu, Kaubinops Satlantas Iptu Siswanto, S.H., yang juga menjabat sebagai Kasatgas Preemtif menuturkan, dengan berkomunikasi secara langsung, pihaknya bisa mengatahui dan memahami bagaimana pola pikir masyarakat soal keselamatan berkendara dan apa yang menjadi kendala.

“Kita berikan pemahaman dan memberikan motivasi agar selalu tertib belalu lintas, menggunakan alat keselamatan seperti helm SNI maupun sabuk pengaman, patuhi rambu-rambu dan lampu lalulintas. Kita berinteraksi, ngobrol santai dari hati ke hati sehingga lebih mengena.” Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya bersama anggota juga berkeliling membagikan pamflet yang berisi tentang seluk beluk Operasi Keselamatan Semeru 2024 dan tips berkendara yang aman dan berkeselamatan.

“Harapan kita, tentunya kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas semakin meningkat dan angka pelanggaran maupun keselakaan lalu lintas bisa lebih ditekan.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.