Pesan Wakapolres Trenggalek Saat Pimpin Upacara Ziarah Nasional Harkitnas

oleh -49 views

Polres Trenggalek – Wakapolres Trenggalek Kompol Mohamad Khoiril, S.Pd., M.H. bertindak sebagai inspektyur upacara dalam Upacara Ziarah Nasional yang mengambil tempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jarakaan Karangsoko. Senin, (20/5).

Upacara diikuti oleh segenap jajaran Forkopimda serta perwakilan OPD, Pejabat Utama Kodim 0806 dan Polres Trenggalek. sedangkan bertindak sebagai perwira upacara adalah AKP Supadi, S.H., yang sehari-hari menjabat sebagai Kasatsamapta Polres Trenggalek dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Iptu Tri Yanik, S.H.

Kegiatan diawali dengan laporan komandan upacara, dlanjutkan mengheningkan cipta dan acara inti berupa peletakan karangan bungan dan ditutup dengan tabur bungan yang dipimpin oleh inspektur upacara serta diikuti oleh segenap peserta upacara.

Dikonfirmasi terpisah, Kompol Khoiril mengatakan bahwa upacara ziarah nasional ini merupakan wujud penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan Indonesia.

“Sikap dan semangat cinta tanah air ini yang harus kita teladani bersama. Bertepatan dengan hari kebangkitan nasional hari ini sudah sepatutnya semangat nasionalisme kita kobarkan kembali untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. sebagaimana tema Harkitnas `Bangkit Untuk Indonesia Emas`” Ucapnya.

Pihaknya menambahkan, tantangan hari ini tentu berbeda dengan masa pra kemerdekaan. Semangat nasionalisme dapat diwujudkan dengan mengukir prestasi di kancah internasional, membawa dan mengharumkan nama baik Indonesia dan yang paling penting adalah semangat persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa.

“Peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi.” Imbuhnya.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan kerja bersama dari seluruh komponen bangsa untuk menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi maupun potensi transformasi digital. Hal inilah yang menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Turut hadir dalam Upacara Zianarah Nasional tersebut antara lain, Wakil Bupati, Syah M. Nata Negara, Dandim 0806 Trenggalek sert aperwakilan dari Pengadilan Negeri Trenggalek, Kejari , BNNK, Pengadilan agama, serta Kepala OPD terkait.