Kapolres Trenggalek: Selamat HUT ke-74 Polwan Indonesia

oleh -243 views

Polres Trenggalek – Eksistensi Polisi Wanita (Polwan) dalam organisasi kepolisian semakin berkembang. Polri membuka ruang seluas-luasnya kepada Polwan untuk berekspresi dan mengembangkan diri sesuai dengan talenta dan kompetensi yang dimilikinya. Termasuk dalam hal karir.

Keberadaan Polwan hari ini tak bisa dipandang sebelah mata. Paradigma baru menempatkan Polwan pada posisi yang sama dengan Polki (sebutan untuk polisi laki-laki.red). Polwan tidak hanya bekerja dibelakang meja atau sebatas bidang administrasi dan pelayanan semata. Tetapi lebih dari itu, Polwan juga ditempatkan pada tugas-tugas operasional sebagaimana Polki.

Tak sedikit Polwan saat ini yang menduduki posisi strategis. Mulai dari Kanit, Kasat, kapolsek, Kapolres maupun jabatan lainnya yang tak kalah penting. Bahkan beberapa diantaranya sukses mencapai puncak karir dengan menyandang pangkat perwira tinggi.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., mengungkapkan memasuki usia yang ke-74 ini sudah selayaknya Polwan diberikan Porsi yang lebih besar dalam keikutsertaannya membangun dan mengembangkan Polri.

“Bukan saja dari segi kualitas personel tetapi juga karakter Polwan yang berintegritas, terampil, tegas sekaligus ramah dan anggun merupakan sosok yang menjadi idaman dan harapan masyarakat luas.” Ujar AKBP Alith

Pada aspek yang lain, Polwan harus mampu berperan sebagai anggota Polri sekaligus istri dan ibu bagi anak-anak mereka. Ini memang bukan perkara mudah, tapi pengalaman menunjukkan bahwa Polwan Indonesia berhasil menunaikan peran tersebut.

Idealnya, jumlah Polwan adalah 30 persen dari jumlah Polki dimana saat ini masih berkisar 6 persen. Namun demikian Polri terus berbenah dan terus berupaya meningkatkan kapasitas Polwan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Polres Trenggalek saat ini memiliki 31 personel Polwan yang terbagi dalam berbagi satuan kerja. Persamaan gender benar-benar kita utamakan dengan menempatkan Polwan pada pos-pos sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Bahkan beberapa diantaranya merupakan personel Polsek dan menjabat sebagai Bhabinkamtibmas.

AKBP Alith menambahkan, di hari jadi ke-74 yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 1 September 2022, merupakan momen yang tepat untuk merefleksi kembali peran Polwan dan menunjukkan eksitensi diri sebagaimana tema HUT Polwan yakni `Polri yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh`

“Selaku pribadi dan pimpinan, saya mengucapkan selamat HUT ke-74 bagi seluruh srikandi Polri dimanapun bertugas. Semoga Polwan Indonesia semakin berprestasi, unggul dan professional dalam memberikan perngabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara. Polwan solid, Polwan unggul, Polwan jaya.” Pungkasnya.

Artikel Kapolres Trenggalek: Selamat HUT ke-74 Polwan Indonesia pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.

No More Posts Available.

No more pages to load.