Polantas Trenggalek Blusukan Ke Desa-desa, Cerdaskan Masyarakat Tentang Tertib Berlalu Lintas

oleh -1,334 views

Polres Trenggalek – Disela-sela kegiatan patroli dalam rangka mengelola Kamseltibcaralantas yang kondusif, jajaran Satlantas Polres Trenggalek menyempatkan diri menggelarPolbindes atau Polisi bina desa di wilayah Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Selasa, (29/8).

Petugas yang merupakan Polisi lalu lintas ini berkeliling pelosok desa hingga ke gang-gang kecil. Tidak sebatas patroli, petugas juga mampir, berbincang dan ngobrol hangat bersama sejumlah warga yang ditemuinya.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Yudiyono, S.H. mengatakan program Polindes merupakan salah satu kegiatan preemtif yang berupa edukasi maupun sosialisasi tentang tertib berlalu lintas dengan menggunakan pendekatan sosial kemasyarakatan.

Sesuai namanya, Polbindes ini menyasar elemen masyarakat di tingkat desa. Dalam pelaksanaannya petugas bisa bekerjasama dan kolaborasi dengan Bhabinkamtibmas atau unsur tiga pilar di desa setempat.

“Hari ini Polbindes kita gelar di desa Ngentrong dan Sumber yang secara geografis berdekatan dengan jalan nasional. Tentunya masyarakat sekitar kerap beraktivitas dan bersinggungan langsung dengan penggunaan jalan raya sehingga sangat tepat jika Polbindes di laksanakan di dua desa tersebut.” Ujarnya.

Lebih lanjut AKP Yudiyono menuturkan, program Polbindes ini digelar bersifat non formal dengan mendatangi secara door to door. Petugas kemudian menyapa dan membangun komunikasi tentang berbagai hal termasuk didalamnya adalah etika dan tertib berlalu lintas.

“Materi yang disampaikan menyesuaikan dengan londisi masyarakat dan memang banyak ditemuai seperti waspada dan berhati-hati memarkir kendaraan saat ditinggal ke ladang atau sawah, maupun penggunaan helm.”

Pihaknya berharap dengan Polbindes ini edukasi tertib berlalu lintas bisa menyentuh sampai pada masyarakat tingkat bawah dan meningkatkan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas serta menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek.

No More Posts Available.

No more pages to load.