Sejumlah Perguruan Pencak Silat dan Elemen Masyarakatterima Penghargaan Kapolres

oleh -29 views

Polres Trenggalek – Sejumlah organisasi masyarakat mendapat penghargaan dari Kapolres Trenggalek. Penghargaan tersebut diserahkan oleh AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. bersamaan dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 di halaman Mapolres. Kamis, (21/12).

Penghargaan diberikan kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Trenggalek atas peran aktifnya dalam membina dan mengarahkan perguruan pencak silat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas kondusif di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Selain itu, ada pula beberapa perguruan pencak silat yang adi Kabupaten Trenggalek diantaranya, PSHT, PSNU Pagar Nusa, IKSPI Kera Sakti, PSHTM Winongo, Porsigal, Tapak Suci, Perisai Diri, Persinas ASAD, Lembaga Beladiri Sinar Putih dan Bhirawa Suci atas peran serta dan pro aktifnya dalam menjaga dan menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Penghargaan juga diberikan kepada Tiga pilar (Kapolsek, Danramil dan Camat) kecamatan Tugu dan Pule atas kerjasama, koordinasi dan kolaborasi yang baik dalam menyukseskan program pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait penertiban tugu pencak silat yang berada diatas tanah negara tahun 2023.

Tak berhenti disitu, Kapolres Trenggalek juga memberikan penghargaan kepada perwakilan masyarakat Kecamatan Watulimo yang berperan aktif membantu korban laka laut dan masyarakat Kecamatan Gandusari yang turun tangan membantu pengaturan lalu lintas serta aktif mengelola Kamseltibcarlantas yang kondusif.

Dikonfirmasi usai kegiatan, AKBP Gathut menegaskan, pemberian penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari Polres Trenggalek kepada setiap elemen masyarakat yang terbukti secara nyata turut berkontribusi dalam menjaga kondusivitas Kamtibmas di Kabupaten Trenggalek. Disamping itu, kegiatan ini merupakan salah satu upaya cooling system Polres Trenggalek dalam menghadapi Pemilu 2024 serta menjelang perayaan Nataru

“Selaku pribadi dan pimpinan, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat yang memberikan dukungan dan bantuan sehingga keamanan dan ketertiban senantiasa terjaga dengan baik.” Ujar AKBP Gathut.

AKBP Gathut menuturkan, Kondusivitas tidak muncul tiba-tiba tetapi berkat peran serta dari seluruh lapisan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, Polisi tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan dukungan, partisipasi dan kepedulian dari semua pihak.

Pihaknya berharap dengan pemberian penghargaan ini bisa menjadi penyemangat, menguatkan sinergitas antara Polri dengan masyarakat serta meningkatkan peran serta dan kontribusi masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas agar senantiasa kondusif.