Peringatan HPSN 2024 di Trenggalek Dikemas Dalam Bentuk Aksi Resik-Resik Pantai

oleh -35 views

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih yang digelar di Pantai Prigi 360, kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dalam acara yang dimotori oleh dinas PKPLH Kabupaten Trenggalek ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024. Jumat, (23/2).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Watulimo AKP Zainudin S.Sos menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang berbasis bakti sosial tersebut.

“Menggugah kembali semangat masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya di area pantai. Apalagi panti 360 ini merupakan ikon wisata Trenggalek harus kita jaga bersama.” Ungkapnya.

Sebagai wujud dukungan, lanjut AKP Zainudin menurutkan, pihaknya mengerahkan sedikitnya puluhan petugas yang merupakan personel Polsek Watulimo untuk membantu membersihkan sampah disepanjang pantai.

Selain dari jajaran kepolisian, kegiatan ini juga diikuti oleh sejumlah personel dari Koramil, kecamatan, Pos AL, Polairud, perangkat desa setempat, berbagai ormas dan komunitas yang ada di Watulimo hingga para pelajar.

Anomo peserta bisa dibilang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari cukup banyaknya peserta yang terlibat dalam aksi resik-resik pantai ini. Para peserta terlihat semangat membersihkan sampah mulai dari daun atau dahan kering hingga sampah plastik yang ditemukan. Meski berangkat dari instansi ataupun organisasi yang berbeda, uasana kekompakan dan sinergitas sangat terasa.

Nampak hadir dalam acara tersebut diantaranya, Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Trenggalek Ir. Muyono Pinata, Camat Watulimo Jati Mustika Dani, S.STP., Danramil 07/Watulimo Kapten Inf Wawan Irianto, Danpos AL Peltu Moch. Ichwahyudi, Kepala Koordinator Pospol Airud Aipda Maryanto S. H., Ka UPT Pariwisata Purwanto, Kades Tasikmadu Wignyo Handoyo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui, Hari Peduli Sampah Nasional rutin diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Tahun ini, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional mengambil tema `Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif`.

Latar belakang peringatan itu sendiri untuk mengenang tragedi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah dimana sampah yang menumpuk dan curah hujan yang tinggi menyebabkan ledakan gas metana dan mengakibatkan longsor yang menimbulkan korban jiwa.