Melihat dari Dekat Latihan Dalmas Satsamapta Polres Trenggalek

oleh -31 views

Polres Trenggalek Sejumlah personel Satsamapta Polres Trenggalek nampak semangat mentikuti latihan pengendali massa atau Dalmas. Latihan ini merupakan salah satu upaya Polres Trenggalek untuk meningkatkan kompetensi jajarannya. Senin, (4/3).

Kapolrs Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasatsamapta AKP Supadi, S.H. menuturkan, sebenarnya pelatihan seperti ini sudah menjadi rutinitas bagi jajaran Satsamapta Polres Trenggalek.

Pelatihan dilakukan minimal seminggu sekali dalam rangka meningkatkan kemampuan baik personel maupun ikatan kelompok dengan berbagai materi yang berkaitan dengan tugas poko Satsamapta. Salah satu diantaranya adalah latihan Dalmas.

“Khusus hari ini latihan kita peruntukkan bagi anggota yang tergabung dalam Dalmas Nusantara.”

Pihaknya menambahkan, sedikitnya ada puluhan orang anggota dari Satsamapta yang dipercaya untuk bergabung dengan Dalmas Nusantara dimana akan melaksanakan latihan gabungan di Gor Bung Karno Nganjuk hari Rabu mendatang.

“Jadi, latihan dan merefresh kembali sekaligus persiapan untuk latihan gabungan di Nganjuk.” Imbuhnya.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi formasi Dalmas awal dan kompi Dalmas tangan terkait, bongkar pasang pelengkapan Dalmas, lintas ganti dengan Dalmas lanjut, pergerakan desak maju dan dorong maju.

Selain itu anggota dibekali pula dengan materi tentang sikap berlindung, penyelamatan korban Unras, formasi bersaf maju. Kegiatan ditutup dengan konsolidasi dan pemberian arahan terkait kekurangan dalam pegerakan dalam tahapan Dalmas.