Pastikan Lancar, Polres Trenggalek Lakukan Pengamanan Peringatan Wafat Yesus Kristus di Gereja

oleh -26 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek mengerahkan personelnya untuk mengamankan sejumlah gereja yang melaksanakan ibadah peringatan wafatnya Yesus Kristus. Pengamanan dilakukan untuk memastikan ibadah umat kristiani dapat berjalan aman, lancar dan khusyuk. Jumat, (29/3).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos. mengatakan, untuk mendukung pengamanan, dikerahkan sedikitnya 201 personel baik dari tingkat Polres maupun Polsek jajaran.

“Total ada 23 gereja yang melaksanakan kegiatan hari ini baik pagi maupun sore hari. 8 gereja di dalam kota Trenggalek dan 15 gereja di wilayah kecamatan lainnya.” Jelasnya.

Secara teknis, sebelum pelaksanaan ibadah berlangsung, dilakukan sterilisasi terlebih dahulu oleh unit Satsamapta. Sterilisasi dilakukan menggunakan perlatan pendukung seperti metal detector maupun mirror detector untuk memastikan tidak ada benda, barang atau orang yang dapat mengganggu jalannya ibadah.

Setelah dinyatakan aman, petugas sterilisasi akan menyerahkan kepada petugas jaga yang dituangan dalam Berita Acara Penyerahan. Selanjutnya tugas dan tanggung jawab dilimpahkan kepada petugas jaga untuk melakukan pengamanan hingga kegiatan selesai.

“Petugas bekerjasama dengan pihak gereja juga melakukan pemeriksaan barang bawaan jemaat. Tentunya dengan skala prioritas.” Imbuhnya.

Lebih lanjut Iptu Susila menegaskan, selain pengamanan di lokasi, Polres Trenggalek juga menerjunkan tim tertutup dari Satreskri, Satresnarkoba dan Satintelkam untuk melakukan patroli mobile dan mencegah gangguan Kamtibmas maupun kriminalitas.

“Hingga kegiatan selesai semua berjalan aman dan lancar.” Pungksnya.