Polisi Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Tanah Longsor Yang Timpa Rumah Warga

oleh -13 views

Polres Trenggalek – Tanah longsor dilaporkan terjadi Desa Tangkil Kecamatan Panggul. Kabupaten Trenggalek. Tebing tanah yang berada di samping rumah warga tersbut longsor dan menimpa dinding rumah hingga jebol. Akibatnya, material tanah dan lumpur memenuhi bagian dalam rumah. Sabtu, (20/4).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Panggul AKP Sudaroini, S.H. menuturkan, persitiwa tanah longsor tersebut terjadi pada sabtu tanggal 20 April 2024 dini hari.

“Sejak hari Jumat, wilayah desa Tangkil memang diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Kemudian hari Sabtu sekira pukul 01.00 Wib terjadi longsor yang menimpa rumah warga. Mengakibatkan dinding rumah rusak kurang lebih dua meter. Tidak ada korban jiwa.” Tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya telah mengerahkan Bhabinkamtibmas berikut beberapa anggota ke lokasi dan membantu evakuasi bergotong royong bersama TNI dan stakeholder terkait beserta warga membersihkan tanah dan baru.

“Anggota sudah dilokasi. Bersinergi dengan unsur terkait, termasuk tiga pilar dan warga setempat bersama-sama membantu korban membersihkan material longsor.” Imbuhnya.

Sebagai langkah tindak lanjut, pihaknya akan berkordinasi dengan Forkopinca berikut pemerintah desa dalam upaya memberikan bantuan serta penanggulangan untuk menghindari terjadinya longsor susulan, mengingat instnesitas hujan yang masih kerap terjadi.

“Bagi masyarakat yang mengetahui bencana alam, kami mohon untuk melaporkan kepada kami maupun Bhabinkamtibmas agar bisa segera mendapatkan penanganan dengan baik. Khusus untuk warga yang berdomisili di wilayah perbukitan dan pegunungan kami imbau untuk waspada dan berhati-hati.” Pungkasnya.