Isi MPLS, Bhabinkamtibmas Ini Latih Siswa dan Santri Kemampuan Baris Berbaris

oleh -1,863 views

Polres Trenggalek – Seorang Bhabinkamtibmas dituntut tidak hanya pandai mengolah keamanan dan ketertiban di tingkat desa tetapi juga harus piawai dalam berbagai hal. Termasuk diantaranya adalah melatih kedisplinan pelajar sekolah yang berada di lingkup kerjanya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Aipda Siswanto, S.H. Seorang Bintara Polisi yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Desa Sumbergayam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Kamis, (20/7).

Disela-sela waktunya berpatroli dan memantau Kamtibmas wilayah di desa binaannya, masih menyempatkan diri mengunjungi salah satu sekolah menengah tepatnya SMP Darussalam dimana sebagian besar siswanya merupakan santri dari Ponpes Darussalam yang berada tak jauh dari lokasi sekolah.

Tak sekedar berkunjung, Bhabinkamtibmas ini juga mengisi materi pada acara Masa Pengenalan Sekolah atau yang biasanya disebut dengan MPLS. Dalam kesempatan tersebut, Aipda Siswanto memberikan materi terkait disiplinan melalui pelatihan peraturab baris-berbaris atau PBB.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Kapolsek Durenan mengungkapkan, minggu ini merupakan hari pertama masuk sekolah dimana didalamnya terdapat kegiatan MPLS.

“Kita berikan pendampingan dan kerahkan personel termasuk Bhabinkamtibmas. Memberikan materi terkait dengan wawasan kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme, kedisiplinan, kenakalan remaja, anti narkoba dan lain-lain.” Jelasnya.

Sementara itu, Aipda Siswanto menuturkan, dalam memberikan pelatihan PBB pihaknya lebih menekankan pada aspek kekompakan serta kemampuan personal maupun ikatan kelompok. Mulai dari gerakan di tempat hingga berjalan atau berpindah tempat.

Uniknya, para peserta ini mengenakan pakaian selayaknya seorang santri pada umumnya, bahkan beberapa peserta pria terlihat mengenakan sarung dan kemeja, lengkap dengan songkok sebagai penutup kepala. Hebatnya, hal tersebut tak mengurangi semangat para peserta untuk mengikuti gerakan PBB yang diajarkan.

“Fleksibel saja, yang terpenting adalah mereka dapat memahami esensi dan nilai kedisiplinan itu sendiri. Selain itu, dari pelatihan PBB ini mereka dapat belajar tentang arti sebuah kebersamaan dan kekompakan team work.” Ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.