Cerita Polantas Trenggalek Edukasi Siswa Berkebutuhan Khusus Tentang Tertib Berlalu Lintas

oleh -29 views

Polres Trenggalek – Sejumlah personel Satlantas mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) Kemala Bhayangkari Trenggalek. Kedatangan Polantas ini untuk memberikan edukasi terkait dengan tertib, etika dan keselamatan berlalu lintas. Jumat, (23/2).

Ratusan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan yang berada dibawah naungan yayasan Kemala Bhayangkari Trenggalek ini nampak antusias mengikuti penjelasan dari petugas didampingi oleh guru dan tenaga pendidik.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Mulyani, S.E., M.Si. mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari program Police Goes to School yang memang sudah rutin digelar.

“Iya betul. Hari ini kami berkunjung ke SLB Kemala Bhayangkari, memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas.” Ujarnya.

Mengingat para peserta merupakan anak-anak berkebutuhan khusus, maka petugas pun menggunakan strategi pembelajaran yang sedikit berbeda dengan pendampingan dari para guru sehingga lebih mudah dipahami.

Penyampaian materi banyak menggunakan audio visual dan praktik yang diperagakan oleh peserta dan petugas seperti bagaimana menggunakan helm yang baik dan benar, pemahaman terhadap rambu dan marka jalan, menyeberang jalan hingga proses penerbitan SIM khusus bagi difabel.

Bukan hanya para pelajar, guru dan orang tua pun sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Bahkan meminta agar kegiatan semacam ini bisa dilakukan secara rutin.

“Mereka adalah anak-anak spesial yang harus kita rangkul agar memiliki keterampilan dan kemampuan dasar terutama tentang kelalulintasan.” Pungkasnya.