Marak PMK, Polres Trenggalek Lakukan Pendampingan Pemotongan Hewan Kurban

oleh -35 views

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian turut ambil bagian dalam pengecekan dan pemeriksaan Kesehatan hewan kurban di sejumlah wilayah Kabupaten Trenggalek. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan daging hewan kurban benar-benar sehat, aman dan layak dikonsumsi. Sabtu, (9/7).

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. menerangkan, seperti diketahui bersama Sebagian masyarakat di Kabupaten Trenggalek ada yang melaksanakan Idul Adha hari ini. demikian pula dengan proses pemotongan hewan kurban.

“Iya betul, kami dari Kepolisian melakukan pendampingan, bersinergi dengan dinas peternakan maupun stakeholder terkait untuk pengecekan Kesehatan hewan korban termasuk daging yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak.” Ujar Iptu Suswanto.

Hal ini dilakukan terkait dengan merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak di sejumlah wilayah Jawa Timur, termasuk diantaranya Kabupaten Trenggalek.

Pihaknya menuturkan, personel yang dikerahkan merupakan petugas dari Polsek jajaran hingga Bhabinkamtibmas. Petugas gabungan ini mendatangi lokasi pemotongan hewan kurban di tiap-tiap Kecamatan untuk di periksa kesehatannya terlebih dahulu.

Petugas juga memeriksa daging kurban yang sudah disembelih meliputi kondisi organ pencernaan seperti rumen, reticulum, omasum, abomasum, usus halus, usus buntu dan usus besar selanjutnya melakukan pemeriksaan kondisi limpa, hati dan paru-paru. Pemeriksaan organ terutama hati penting dilakukan untuk menghindari masyarakat mengkonsumsi hati hewan kurban yang terinfeksi cacing hati (Fasciola sp).

“Untuk organ yang terinfeksi cacing hati, direkomendasikan untuk tidak dikonsumsi.” Pungkasnya.

Artikel Marak PMK, Polres Trenggalek Lakukan Pendampingan Pemotongan Hewan Kurban pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.