Penguatan Disiplin Personel, Sipropam Polres Trenggalek Gelar Gaktibplin

oleh -66 views

Polres Trenggalek – Disiplin merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap anggota Polri. Disiplin tidak hanya mencakup bidang tugas yang diemban semata tetapi semua hal. Displin merupakan cerminan dari profesionalisme. Oleh sebab itu, displin dalam organisasi Polri selalu dipupuk dan ditegakkan secara tegas.

Guna mendukung hal tersebut Sipropam Polres Trenggalek kerap menggelar penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktibplin) bagi seluruh anggotanya.

Seperti yang dilakukan hari ini. Usai apel pagi, seluruh anggota tidak diperkenankan meninggalkan lapangan apel. Sejumlah petugas dari Sipropam bersama para pejabat utama melaksanakan pemeriksaan dan pengecekan terhadap anggota. Senin, (11/7).

Kasipropam Polres Trenggalek Iptu Muhtar, S.Sos. mengatakan, pada dasarnya Gaktibplin tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilakukan minimal seminggu sekali. Tidak hanya ditingkat Polres tetapi juga Polsek jajaran yang dilakukan oleh masing-masing Kanitprovos setempat.

“Sasaran pengecekan meliputi surat kelengkapan diri seperti KTP, KTA, kemudian sikap tampang diantaranya jenggor, rambut, kerapian dan kelengkapan seragam (Gampol), serta Senpi dinas baik kondisi maupun surat Senpi.” Imbuhnya.

Lebih lanjut, Iptu Muhtar mengatakan, selain untuk meningkatkan disiplin personel, Gaktibplin ini merupakan sarana kontrol dan meminimalisir pelanggaran sekecil apapun oleh anggota serta selalu on track sesuai dengan kode etik Kepolisian.

“Dari Gaktibplin hari ini ditemukan beberapa anggota yang dinilai kurang rapi dan rambut sudah mulai Panjang. Kita rekomendasikan untuk merapikan dan cukur rambut. Setelahnya nanti wajib melaporkan diri ke Sipropam.” Pungkasnya.

Pihaknya berharap dengan Gaktibplin yang digelar secara rutin ini bisa menjadi sarana penguatan disiplin sehingga marwah kepolisian selaku pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat yang professional dapat selalu terjaga dengan baik.