Segudang prestasi AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang Kini Jabat Kapolres Trenggalek

oleh -40 views

Polres Trenggalek – Terhitung sejak hari ini, tanggal 15 Juli 2022, AKBP Alith Alarino, S.I.K. resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor Trenggalek menggantikan AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. yang beralih tugas sebagai Kapolres Ngawi.

Seremonial Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres Trenggalek dan sejumlah pejabat lainnya dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Dr Nico Afinta S.I.K., S.H., M.H. di Mapolda Jatim tanggal 12 Juli 2022 yang lalu.

Sedangkan di Mapolres Trenggalek sendiri, prosesi pisah sambut dan laporan satuan (Lapsat) digelar tanggal 15 Juli 2022 kemarin dan iikuti oleh pejabat utama dan seluruh anggota Polres Trenggalek.

Perwira menengah ini terbilang sudah tidak asing dengan karakter masyarakat Jawa Timur. Bagaimana tidak, pria kelahiran Malang ini sudah beberapa kali mengemban tugas di sejumlah wilayah Jawa Timur. Ia juga dikenal sebagai polisi yang cukup matang di dunia Reserse Kriminal (Reskrim). Bahkan, beberapa kasus besar sukses dibongkarnya.

Masa kecil AKBP Alith Alarino banyak dihabiskan di Surabaya. Usai lulus dari SD Dr. Sutomo V Surabaya tahun 1992, ia melanjutkan sekolah di SMP Negeri 6 Surabaya kemudian SMU Negeri 14 Surabaya, sebelum kemudian memutuskan mendaftarkan diri Akademi Kepolisian hingga lulus tahun 2002 silam dengan menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua.

Sebagai perwira muda, saat itu AKBP Alith Alarino ditugaskan sebagai Pama di Polda Sulawesi Selatan (Sulsel). Tak butuh waktu lama, ia dipercaya menjabat sebagai Kanitreskrim Polsekta Mariso Polresta Makassar Barat.

Tahun 2009, AKBP Alith Alarino mendapat amanat sebagai Kapolsek Dobo Polres Kepulauan Aru Polda Maluku. Karena dedikasi dan integritasnya mengolah Kamtibmas kondusif, tahun 2011 kembali ke Jawa Timur menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Jember Polda Jatim.

Bukan itu saja, berbekal pengalaman dibidang reserse yang mumpuni, tahun 2014 dan 2018 yang lalu, AKBP Alith Alarino dipercaya sebagai salah satu personel Bareskrim Polri yang ditugaskan pada PPATK sebagai Ketua Kelompok bimbingan pihak pelaporan pada direktorat pelaporan hingga kemudian tahun 2021 ditunjuk sebagai Kapolres Bangkalan, Polda Jatim.

Selama menjabat sebagai Kapolres Bangkalan, AKBP Alith Alarino sukses mengungkap sejumlah kasus besar diantaranya membekuk pelaku dan penadah Curanmor yang meresahkan masyarakat. Sedikitnya 14 motor R2-R3 berhasil diamankan. Keberhasilan ini pun mendapat apresiasi dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Tak berhenti disitu, dibawah tangan dingin AKBP Alith Alarino, Polres Bangkalan berhasil membongkar rumah produksi petasan ilegal skala besar di Dusun Tabanah, Desa Langkap, Kecamatan Burneh dan mengamankan 24.217 petasan (mercon) jenis sreng dor.

Demikian pula kasus penyalahgunaan Narkoba. Di tahun 2021 dibawah kepemimpinannya, Polres Bangkalan pihaknya berhasil mengungkap 129 kasus dengan tersangka sebanyak 172 orang dengan barang bukti sabu-sabu seberat 358,39 gram, ganja 12,79 gram, sejumlah ekstasi dan tembakau sintesis. Terakhir, pada bulan April 2022 pihaknya berhasil mengungkap peredaran Narkoba lintas kota dengan satu tersangka dan barang bukti 153,02 gram Sabu.

Dalam hal akselerasi penanganan Covid-19, selain edukasi secara masif terkait protokol kesehatan, AKBP Alith Alarino meluncurkan `Strategi Vaksin Mobile` yakni sebuah terobosan vaksinasi door to door dengan sasaran pusat keramaian, perbelanjaan, tempat nongkrong hingga fasilitas umum lainnya. Alhasil, tak butuh waktu lama, Kabupaten Bangkalan sukses menekan penyebaran Covid-19 dan vaksinasi mencapai diatas 70%.

Pada aspek pengelolaan Kamtibmas, AKBP Alith Alarino melakukan pendekatan berbasis komunitas bertajuk `cangkrukan` yakni sebuah program silaturahmi bersama tokoh masyarakat, kepala desa, tokoh agama dan perwakilan elemen masyarakat. Meskipun non formal, program Cangkrukan ini sukses meraih simpati publik yang berfungsi sebagai media atau jembatan sekaligus sarana menyerap aspirasi serta problem solving setiap permasalahan di tengah masyarakat.

Dengan segudang pengalaman, prestasi dan berbagai jabatan strategis yang pernah disandangnya, maka tak heran jika kemudian AKBP Alith Alarino dipercaya menjabat sebagai Kapolres Trenggalek Polda Jawa Timur.

SELAMAT DATANG DI BUMI MENAK SOPAL