Gencarkan vaksinasi, Cegah Penularan PMK di Trenggalek

oleh -33 views

Polres Trenggalek – Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Terus digencarkan. Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek bersinergi bersama TNI dan Dinas Peternakan serta stakeholder terkait melaksanakan berbagai langkah strategis guna menekan penyebaran penyakit yang menyerang hewan ternak tersebut.

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengatakan selain pemeriksaan rutin terhadap hewan ternak, jajaran Kepolisian melakukan pendampingan vaksinasi maupun penyemprotan disinfektan kandang ternak baik komunal maupun mandiri,

“Iya benar. Beberapa hari terakhir kita lakukan pendampingan vaksinasi dan penyemprotan diinfektan kandang hewan ternak masyarakat. Vaksinasi ini dilaksanakan di seluruh kecamatan se Kabupaten Trenggalek.” Ujar Iptu Suswanto.

Vaksinasi, lanjut Iptu Suswanto dilaksanakan oleh tim gabungan yang terdiri dari personel Dinas Peternakan, Polsek, Koramil dan Kecamatan. Selain itu dalam pelaksanaannya juga melibatkan Bhabinkamtibmas dan perangkat desa setempat.

“Jadi tidak hanya vaksinasi saja, tetapi juga kita berikan edukasi bagaimana menjaga agar ternak tidak terjangkit PMK serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan saat ada hewan ternak yang menunjukkan gejala PMK.” Imbuhnya.

Lebih lanjut Iptu Suswanto mengatakan, disamping itu, penyekatan lalu lintas hewan ternak juga masih aktif dilakukan. Penyekatan dilakukan di tiga lokasi yang merupakan pintu masuk kabupaten Trenggalek yakni jalan raya perbatasan Kecamatan Durenan, Tugu dan Panggul.

“Harapan kita, dengan langkah ini dapat meminimalisir penularan PMK di kabupaten Trenggalek.” Pungkasnya.

Artikel Gencarkan vaksinasi, Cegah Penularan PMK di Trenggalek pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.