Patroli Bersepeda Polres Trenggalek Sasar Pasar hingga Perkampungan

oleh -65 views

Polres Trenggalek – Tak bisa dipungkiri, di bulan Agustus ini tingkat aktivitas masyarakat relatif cukup padat. Demikian pula dengan roda ekonomi masyarakat yang mulai menggeliat setalah hampir dua tahun sedkit terhambat akibat Pandemi Covid-19.

Guna memastikan aktivitas masyarakat berlangsung aman dan lancar, Satsamapta Polres Trenggalek menerjunkan unit patrolinya untuk berkeliling pusat perbelanjaan maupun sentra kegiatan masyarakat lainnya.

Uniknya, unit patroli yang dikerahkan merupakan unit patroli bersepeda. Ya, petugas kepolisian ini berkeliling kota dengan mengendarai sepeda.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengungkapkan, patroli bersepeda sangat efektif dilakukan pada sasaran dengan medan datar dan jarak dekat. Selain itu, bersifat fleksibel karena bisa menjangkau perkampungan dengan gang-gang sempit yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Target kita adalah bagaimana masyarakat merasakan manfaat dari kehadiran polisi di lapangan. Disamping mencegah bertemunya antara niat dan kesempatan pelaku kejahatan.” Ujar AKBP Alith.

Dalam prosesnya lanjut AKBP Alith, petugas patroli yang rata-rata masih berusia muda ini tidak hanya berkeliling tetapi juga stationer. Artinya saat berpatroli kemudian menemukan situasi yang membutuhkan bantuan polisi seperti kemacetan atau yang lain, petugas akan turun tangan membantu mengurai dengan melaksanakan pengaturan jalan.

Selain itu, petugas juga menggelar dialog dengan masyarakat yang ditemuinya. Tujuannya adalah mengetahui secara pasti tentang kondisi Kamtibmas wilayah sekaligus menyampaikan edukasi maupun sosialisasi terkait dengan pengelolaan Kamtibmas.

Sementara itu, Kasatsamapta Polres Trenggalek AKP Supadi, S.H. mengatakan, patroli bersepeda ini digelar setiap hari dengan mengerahkan sedikitnya dua unit secara bergantian yang masing-masing beranggotakan minimal 5 sampai 6 personel dipimpin oleh satu perwira.

“Untuk hari ini patroli bersepeda kita arahkan ke sejumlah tempat yang cukup ramai diantaranya, greenpark, pasar Pon, area perbankan dan kantor pemerintahan, dipimpin langsung oleh Ipda Tri Yanuk, S.H.” Ucap AKP Supadi

Artikel Patroli Bersepeda Polres Trenggalek Sasar Pasar hingga Perkampungan pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.