Telah Dibuka, Penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2023

oleh -145 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka kesempatan bagi pemuda terbaik untuk bergabung dan mengabdikan diri kepada negara. Ya Polri telah membuka pendaftaran penerimaan Tamtama Polri gelombang I tahun anggaran 2023.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K mengungkapkan, rekrutmen ini dibuka melalui Pendidikan pembentukan Tamtama Polri yang nantinya akan ditempatkan pada kesatuan Brimob dan Polair dan menyandang pangkat Bhayangkara Dua atau Bharada.

“Pendaftaran dibuka mulai hari ini tanggal 12 sampai 21 September 2022.” Jelas AKBP Alith

AKBP Alith menuturkan bahwa seluruh rangkaian seleksi dilakukan secara terbuka dan menerapkan prinsip `Betah` yakni Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis serta tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Sementara itu, KabagSDM Polres Trenggalek Kompol M. Solichin, S.H. mengatakan jumlah peserta didik yang dibutuhkan adalah sebanyak 1.600 orang yang terdiri dari 1.500 orang tamtama Brimob dan 100 orang Tamtama Polair.

Pendidikan akan dilaksanakan selama lima bulan. Bagi Tamtama Brimob dilaksanakan di Pusdik Brimob Watukosek, Jawa Timur sedangkan Tamtama Polair di Pusdik Polair Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Pendidikan pembentukan Tamtama Polri dilaksanakan untuk menjadi Tamtama Polri yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar Kepolisian, Tangguh, sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana utama tugas Polri.” Ujar Kompol Solichin.

Adapun persyaratan umum yang harus terpenuhi antara lain Warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945, berijazah paling rendah SMU/sederajat, Usia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri), sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana (dengan menunjukkan SKCK), dan berwibawa, jujur, adil, dan berkelakukan tidak tercela.

Selain itu, peserta wajib mengikuti dan lulus sejumlah pemeriksaan/pengujian dengan sistem gugur dan/atau ranking yang meliputi pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi tahap I, tes akademik, uji kesamaptaan jasmani, pemeriksaan kesehatan tahap II, tes psikologi tahap II, pendalaman PMK, pemeriksaan administrasi akhir, supervisi Panpus dan siding terbuka penetapan kelulusan akhir.

Tata cara pendaftaran cukup mudah, langkah pertama pendaftar membuka situs penerimaan anggota Polri di alamat penerimaan.polri.go.id. dan memilih jenis seleksi Tamtama Polri pada halaman utama.

Pendaftar mengisi form registrasi meliputi identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah terdaftar di Dinas Dukcapil, identitas orang tua, dan keterangan lain sesuai format yang disediakan. Pendaftar wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online dan mengeceknya kembali.

Setelah berhasil mengisi form registrasi online, selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password yang digunakan untuk melakukan login menuju halaman dashboard pendaftar serta upload berkas pendaftar yang disediakan.

Selanjutnya, pendaftar akan mendapat hasil cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polres. Batas waktu verifikasi data pendaftar terhitung selama pendaftaran online berlangsung sesuai jadwal pendaftaran dan tidak ada toleransi perpanjangan.

“Bagi yang berminat, bisa mengakses website penerimaan.polri.go.id, atau datang langsung ke BagSDM Polres Trenggalek dilantai 2. Akan diberikan penjalasan yang lebih detail dan diberikan pendampingan.” Pungkasnya.

Artikel Telah Dibuka, Penerimaan Tamtama Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2023 pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.