Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Trenggalek: Pancasila Sudah Final

oleh -41 views

Polres Trenggalek – Jajaran Kepolisian Resor Trenggalek turut hadir melalui saluran virtual dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo di monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam acara yang diselenggarakan di Rupatama Mapolres Trenggalek tersebut nampak hadir Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., Wakapolres Kompol Haryanto S.H, S.I.K, M.M., pejabat utama serta sejumlah perwakilan anggota lainnya. Sabtu, (1/10).

Salah satu hal yang membedakan dengan upacara pada umumnya, dalam upacara ini turut dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang berisi kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dikonfirmasi usai upacara, AKBP Alith menegaskan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momen yang paling tepat untuk menggugah kembali semangat perjuangan dan kesetiaan kepada ideologi negara Pancasila.

Perjalanan sejarah Indonesia telah mencatat bahwa Pancasila telah berkali-kali hendak ditumbangkan, namun hingga saat ini tetap berdiri tegak dan terbukti mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila sudah final. Bersama-sama kita jaga. Bangkit bergerak bersama Pancasila.” Ujar AKBP Alith

Pancasila bukan saja sebagai lambang dan dasar negara tetapi juga sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek untuk senantiasa memahami, mengamalkan dan menanamkan jiwa Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.