Peringatan HUT ke-42 Satpam, Wakapolres Trenggaek: Pacu Kompetensi, Kuatkan Sinergitas

oleh -93 views

Polres Trenggalek – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Satuan Pengamanan (Satpam) di Kabupaten Trenggalek diperingati dengan kegiatan sosial berupa donor darah. Dalam acara yang dimotori oleh Satbinmas Polres Trenggalek tersebut digelar di halaman Pasar Pon dan diikuti oleh puluhan personel Satpam serta masyarakat sekitar. Sabtu, (28/1).

Mengambil tempat disalah satu sudut lokasi parkir, sejumlah anggota Satpam nampak antri dengan tertib mengikuti sejumlah prosedur seperti pemeriksaan kesehatan sebelum dilakukan pengambilan darah oleh petugas medis dari PMI Kabupaten Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. yang kebetulan turut hadir dan meninjau langsung kegiatan tersebut menuturkan kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian Satpam terhadap sesama sesuai dengan tema HUT ke-42 Satpam yakni `Sinergitas Satpam dan Polri Peduli untuk Sesama`.

“Iya betul, hari ini kita peringati HUT ke-42 Satpam dengan menggelar bakti sosial donor darah. Setetes darah kita sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan.” Ujar Kompol Sunardi

Kompol Sunardi mengatakan, Satpam atau yang biasa disebut security merupakan mitra strategis Polri dalam hal menjaga Kamtibmas kondusif. Menurutnya, Satpam memiliki peran penting dimana dalam hal-hal tertentu membantu Polisi mencegah kejahatan khususnya ditingkat lingkungan kerja.

Saat ini kehadiran Satpam tidak hanya sebatas aspek keamanan semata tetapi memiliki ruang lingkup tugas yang lebih kompleks. Dalam Implementasinya, Satpam dituntut lebih profesional dan mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk dilakukan langkah-langkah antisipasi.

“Tugas utama Satpam tak jauh berbeda dengan polisi yakni terkait dengan keamanan dan ketertiban dengan lingkup yang terbatas pada kantor atau instansi dimana Satpam bertugas.” Imbuhnya.

Oleh sebab itu lanjut Kompol Sunardi, sinergitas, soliditas dan kolaborasi antara Satpam dengan petugas kepolisian sangat penting untuk bersama-sama menjaga keamanan tetap kondusif. Dimulai dari lingkungan kerja dimana para Satpam bertugas.

Pihaknya mengingatkan agar dalam menjalankan tugasnya, Satpam memperhatikan sikap tampang dan penampilan mengingat keberadaan Satpam yang berada didepan sehingga berdungsi sebagai etalase. Disamping itu, Satpam kerap menjadi jujukan bagi warga yang membutuhkan informasi dan tempat bertanya.

Dalam kesempatan tersebut Kompol Sunardi juga menyerahkan sertifikat garda utama kepada sejumlah Satpam. Sertifikat ini diberikan kepada mereka yang telah mengikuti jenjang pendidikan dan pelatihan di Lembaga pendidikan Polri.

“Selamat HUT ke-42 Satpam. Pacu terus untuk meningkatkan kemampuan diri dan keterampilan. Bangun sinergitas yang kuat bersama Polri untuk mewujudkan Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif.” Pungkasnya.

Turut Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kabagops Polres Trenggalek Jimmy Heryanto Hasiholan, S.H., S.I.K., Kasatbinmas AKP Mujiata, perwakilan dari BUJP, AMSI, pengguna Satpam dan puluhan anggota Satpam di Trenggalek.